Skip to main content

Bayar Biaya Masuk UGM dengan Gadaikan Sertifikat Tanah

*Laras Susanti, Lulus FH UGM dengan IPK 4,00

Status aktivis kadang jadi kambing hitam jebloknya prestasi mahasiswa. Tetapi itu tidak terjadi pada Laras Susanti. Kegiatan non-akademisnya yang seabrek justru mendukung perkuliahan. Dalam wisuda 21 Februari mendatang, IPK-nya 4,00. Sempurna.

NANI MASHITA, Jogja

DIPERLUKAN berlembar-lembar kertas jika ingin mencatat seluruh kegiatan Laras Susanti. Ia pernah terlibat dalam Pelatihan Pemimpin Bangsa (PPB II) UGM, Sahabat Percepatan Peningkatan Mutu Pembelajaran (SP2MP) UGM angkatan 2007, anggota Indonesia Youth Parliament (2009-sekarang).
Di bidang organisasi, sejak 2010 hingga sekarang, masih menjabat sebagai Ketua Komunitas Hukum Tata Negara (HTN) FH UGM. Laras juga aktif di Dewan Mahasiswa (Dema) Justicia FH UGM, pernah jadi staf ahli antikorupsi Departemen Kajian Strategis dan Menteri Kajian Strategis BEM KM UGM.
Laras juga kerap menjuarai aneka lomba, terutama yang berkait dengan statusnya sebagai mahasiswi FH UGM. Salah satunya adalah juara I Tim Debat Konstitusi diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi RI 2009 dan 2011, juara I Lomba Debat Antikorupsi Nasional oleh BEM UNS 2010.
Dia juga aktif mengikuti berbagai penelitian terutama menyangkut hukum. Perempuan muda ini juga menyabet sebagai Mahasiswa Berprestasi FH UGM 2010, juara II Mahasiswa Berprestasi UGM dalam rangka Dies Natalis UGM 2010. Saat ini, ia menjadi salah satu peneliti Pusat Studi Kajian Anti (Pukat) Korupsi UGM sejak 2010.
Aktivitasnya yang tinggi dalam mengikuti aneka perlombaan membuat dirinya sempat dicap sebagai aktivis lomba. ”Saya biarkan saja karena nanti akan tahu sendiri bahwa motivasinya bukan sekadar mendapat hadiah,” ujarnya saat ditemui di kantor Pukat kemarin (18/2).
Sebagai mahasiswa sangat disayangkan jika aktivitasnya hanya diisi dengan kegiatan kampus. Keberhasilan akademis yang ditunjukkan lewat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tetap harus ditunjang dengan kepekaan terhadap isu-isu publik dan ikut terjun di dalamnya. Hal itu adalah pembelajaran utuh sebagai mahasiswa.
”Kalau ditanya kenapa IPK saya bisa 4,00 karena saya cinta ilmu,” ujar alumnus SMAN 12 Jakarta.
Laras memang tidak mau terburu-buru lulus dari kampus, juga enggan untuk berlama-lama kuliah. Sebagai aktivis kampus, sejak semester awal IPK-nya sudah memuaskan yaitu 4,00. Di semester lima, IPK sempat turun gara-gara mata kuliah Perdata Internasional serta Metodologi Penelitian dan Penulisan Hukum. ”Saya dapat nilai B sehingga IPK 3,9. Karena merasa kurang maksimal, saya mengulang dua mata kuliah itu. Alhamdulillah akhirnya dapat A,” tuturnya.
Kengototannya untuk mendapatkan nilai terbaik didorong ucapan pamannya agar Laras menjadi orang yang mampu menaikkan derajat keluarga. Sebagai anak yang lahir dari keluarga broken home, dia nyaris tidak kuliah. Ibunya yang tidak lulus SD, memintanya untuk meneruskan usaha warung Tegal.
”Tapi Pakde tidak mengizinkan dan meminta agar saya kuliah demi memperbaiki nasib keluarga,” kisahnya.
Lewat sistem ujian masuk UGM, dia memilih Fakultas Hukum dan lolos. Seperti lazimnya mahasiswa dari kalangan kurang mampu, Laras kebingungan membayar uang masuk Rp 7 juta. Pamannya hanya montir.
Akhirnya diputuskan menggadaikan sertifikat tanah dan rumah pakde ke bank sehingga mendapat pinjaman Rp 10 juta. ”Beliau bilang, orang miskin harus bisa sekolah. Tidak boleh takut untuk cita-cita,” kenangnya.
Hal ini melecutnya untuk belajar dengan baik. Laras juga mendapatkan beasiswa biaya operasional pendidikan (BOP). Ia akhirnya mencari-cari informasi lain agar bisa mendapatkan beasiswa untuk menopang kebutuhannya sebagai mahasiswa.
”Terakhir, saya mendapatkan beasiswa Dompet Dhuafa,” ujarnya.
Lalu, bagaimana menyeimbangkan kegiatan sebagai aktivis dengan kegiatan kuliah? Dia mengatakan, sebelum mengikuti kegiatan luar kampus, dia menghitung jumlah presensi. Dengan demikian, risiko terkena ”semprit” dosen bisa dihindari.
Laras mengaku terbantu Kasi Akademik FH UGM Damari Pranowo. ”Pak Damari selalu mengingatkan saya untuk tidak sering bolos,” katanya sembari tertawa.
Meski memiliki banyak kegiatan sambil mengejar nilai akademis, dirinya tetaplah mahasiswi biasa. ”Saya sering hang out bareng teman-teman, ngegosip, nongkrong, dan ketawa-ketiwi enggak jelas gitu,” katanya.
Usai lulus kuliah, Laras sudah merancang untuk memburu gelar master dan mencoba melamar sebagai dosen. Di tengah carut marut dunia hukum dan peradilan, dia optimistis akan terjadi perubahan yang membutuhkan jalan panjang. Disinilah peran akademisi untuk mencetak generasi penerus yang memiliki idealisme penegakan hukum.
Dia mencontohkan, kasus korupsi yang marak terungkap kadang memunculkan pesimisme. Namun, banyak kelompok masyarakat tetap bersemangat melawan tindakan korup dan saat ini menjadi gerakan sipil yang sifatnya masal.
”Ini perlawanan jangka panjang dan menunjukkan masih banyak harapan di negara ini,” pungkas penggemar mantan wali kota Jogja, Herry Zudianto, itu. (*/tya)

Comments

Unknown said…
luarr biasa!!!.. selalu ada cerita peberdiri bulu kuduk dibalik orang2 hebat yang mampu menjawab pertanyaan zaman dengan baik..

> salam kenal

by: TAHU Indonesia

Popular posts from this blog

Surabaya "hot potatoes"

Dua hari ini, Surabaya panas membara. Panas dalam arti sebenarnya. Membara dalam arti kiasan saking panasnya. Lek jare arek Suroboyo: "Hot potatoes" alias panas ngentang-ngentang. Atau : "The hot is not public" alias panas ra umum, ora njamak panase. Intinya panas di Surabaya dalam setahun belakangan ini benar-benar tak seperti biasane. Hampir 15 tahun tinggal di Surabaya - meski dalam periode tertentu meninggalkan kota ini - tau betul lah kalo Surabaya itu kota panas. Panas karena sinar matahari yang benar-benar menyengat. Bukan karena air laut - seperti Semarang, atau Jakarta - panas ditambah polusi yang parah. Mungkin tak sepanas Pontianak yang berada di garis khatulistiwa, tapi coba deh tinggal disini selama seminggu. Yang jelas, penjelasan Wikipedia bersuhu udara rata-rata 23,6 °C hingga 33,8 °C gak pas jeh. Dalam sebulan ini mencoba mengamati suhu di Surabaya terutama di siang hari. Nyaris gak pernah di bawah 33 derajat celcius. Bahkan hari ini,

(Sebaiknya) Mahasiswa FK Harus Orang Kaya

Selasa (29/11) pagi, saya mengunjungi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Setelah berbincang dengan kolega baru, saya bersama beberapa kawan memutuskan untuk sarapan di kantin kampus. Jujur, saya sangat menikmati makanan sehat yang disajikan kantin itu terutama ketiadaan penggunaan MSG. Saya pun merasa nyaman dengan kampusnya yang bersih, dengan para calon dokter berpakaian rapi dan cantik bersliweran sembari membawa buku tebal. Melihat beberapa di antaranya mengenakan jas dokter begitu gagah dan menawan. Apalagi, cuaca pagi tadi sangat cerah. Tetapi, kenyamanan saya tiba-tiba terusik dengan tindakan salah seorang mahasiswa disana. Jamaknya sebuah kantin yang meja-kursi selalu penuh dan harus berbagi dengan orang lain yang tidak satu kelompok, mahasiswi itu terlihat sangat memusuhi dan judes. Awalnya cuek. Tapi ketika dia sudah pindah meja, dengan seenaknya mengambil wadah sambal tanpa permisi. Sontak, saya pun kecewa. Hilang rasa simpati saya terhadap mahasiswa kedokteran

ArtJog 2011

Guys....akhir pekan kemarin abis berkunjung ke Taman Budaya Yogyakarta yang lagi ada acara heboh yaitu ArtJog 2011. Awalnya sih aku rada-rada males karena menduga akan mendapatkan sajian yang gak jauh beda ama pameran-pameran sebelumnya. Tapi ternyata saya SALAH. Seni instalasi di Art Jog 2011 ini lumayan menarik. Sayang, aku gak beli katalog-nya coz lagi bokek. kekwkekwk...so i share foto-fotonya aja yah, ntar aku lengkapi caption fotonya. Cekidot gan. ini namanya :Luz Series: kayaknya seni instalasi lagi heboh gaya gini ya? kapan hari, aku liat tulisannya USA atau kalau dibalik jadi ASU (Bhs Jawa; Anjing). Kesalahan aku cuma satu: aku gak baca/tidak tahu siapa senimannya. sowli.... yang ini aku foto coz ini adalah kertas yang diukir. menurutku hebat, karena aku gak bisa. hehehe aku upload ini coz sebenarnya aku jijik, kirain tai beneran. hahaha...norak kan? beklah...saya ikutan numpang disini yah :))