Skip to main content

Emak 35++ Wajib Punya Alat Ini Usai Melahirkan

Haloooo...

Permisi mau update sepele tapi menurut emak ini penting. FYI, si emak baru aja melahirkan di usia 40 tahun. Zezuatu yang ga pernah terlintas di pikiran setelah menikah. Jadi 100 persen surprise yang sukses bikin terkaget-kaget. 

Meski begitu, emak tetep bersyukur dapat rezeki nomplok ini. And yes, I am officially jadi emak beranak 3. Alhamdulillah...

Hamil dan melahirkan di usia ini beneran drama. Kapan-kapan update deh soal ini. Sekarang mah mau nulis peralatan yang kudu dimiliki, terutama buat usia 35++ yang ttp harus menjaga kesehatan tulangnya. Wkkwk... btw ini preferensi pribadi ya, ga ada unsur tersembunyi.

Ini dia "alat perang" yang wajib dipunyai selama punya bayi : 

1. Pompa ASI 

     Ada banyak banget alat pumping yang beredar di pasaran saat ini. Menurut emak emang enak pumping elektrik coz kita ga capek pompa. Dulu pumping elektrik ini berasa mahal banget, sekarang mah murah dan banyak promo di toko online. IQ Baby aja bisa dijual Rp189.000 . Damn... dulu merk ini termasuk murah ga sampe 500 ribu. 

      Jadi seharusnya ga ada alasan lagi sih buat ga meng-ASI-hi. Wkekkee sebagai emak yang baik tetap harus kampanyekan ASI sebagai makanan terbaik bayi. (Udah setuju aja napa sih.. :)

2. Wadah ASI

     Off course, setelah pompa ASI yang nomor dua adalah wadahnya yaa.. Dulu sempet nih, punya wadah ASI dari botol bening. Sepaket isi 6 sekitar 70 ribu masih ada kembaliannya. :)

      Tapi sekarang prefer yang model plastik ya. Merk banyak di pasaran. Biasanya beli merk GABAG ya harga 25 ribu isi 30 kantong. Biasanya segitu buat 3 hari. Boros ? Iya lebih boros. Nyampah? Kwkww iya sih. Cuma wadah plastik simpel dan ga makan tempat penyimpanan di freezer atau rak kulkas. Dan pas di RS BDH Surabaya, para suster menyarankan model ini sih.

Kalau udah masalah ASI, peralatan penyertanya jangan lupa kayak botol untuk minum susu ASI. Untuk ibu bekerja, tas ASI dan icegel itu Fardhu ain yak ...

3. Bantal menyusui

    Bantal yang mirip donat ini sebenarnya udah menghantui emak sejak bayi pertama. Tapi saat itu emak merasa ribet bin riweuh dengan bantal ini. Eeeh entah kenapa yang lahiran ketiga ini tergerak hati untuk beli. And you know what? It's very useful banget banget banget. Somehow bantal ini bisa menyesuaikan diri dengan usernya. Sehingga posisi mulut bayi bisa pas dengan puting ibu. 

     Penting buat emak sih karena ukuran payudara emak rada jumbo dan selalu bikin khawatir coz kena muka baby terutama di hidung. Nah kan bahaya tuh malam-malam ngantuk menyusui, trus ga sadar kalau payudara menutup udara masuk ke hidung. NAUZUBILLAH!!! 

     Emak pilih yang bantal busanya lebih tebal ga gampang kempes (pakai dialogue baby). Emak sendiri punya 3 bantal ginian.  Pakai bantal gini punggung dan lengan ga kerasa capek. Bahayanya MUNGKIN bayi bisa terguling sehingga pastikan menyusui di tempat yang bener-bener aman.a

Oh ya  menurut flier nya, bantal ini bisa buat adek bayi tiduran (buat bayi yang lehernya udah kuat), belajar duduk juga sehingga ga gampang  terguling. Kalo emak sih merasa makin dekat sama baby coz liatin dia minum ASI sama bobok gitu. Cute dan gemes banget.

4. Bantal mandi

    Perkembangan printilan bayi itu selalu dinamis ya. Salah satunya bantalan berbentuk seperti kasur untuk mandi. Dulu sempet punya yang model ada kakinya. Akhirnya ga kepake karena ukurannya terlalu besar untuk bak mandi. Dulu belinya ga pake membandingkan ukuran  bak mandinya dengan alas mandi.


Model ini lebih fleksibel. Cukup dikaitkan di sisi-sisi bak mandi, udah bisa langsung dipakai mandiin baby. Harganya murah Mak, mulai 50 ribuan 

    Yang perlu digarisbawahi, emak ga harus bungkuk - bungkuk ketika memandikan bayi. Jadi tulang punggung aman dari ancaman boyok. Xixixixixi

5. Tas Bayi

    Peralatan satu ini emang agak-agak menjebak gitu ya. Emak antara butuh dan ga butuh :)). Tiga kali punya anak, 3 kali pula beli tas bayi. Daaaaaan ketiganya ga ada yang cocok...mulai dari bahan, kapasitas dan fleksibilitas. 

    Terakhir malah beli tas yang bisa ajak bayi main kemping-kempinh an. Beli karena lucu aja. Diih... 

     Untung aja ada temen yang kasih kado tas bayi mungil dan praktis. Ga berat dan ga rempong dibawa sambil gendong bayi. Isinya ga banyak : popok 1 , baju ganti sepasang, sama tisu basah. Plus dompet dan hape. Lagi-lagi punggung emak balung tuwo ga jadi korban. Hihihihi

Beli yang lain boleh kayak slow cooker, electric steamer, stroller atau boks bayi? Boleh banget sih, ga ada yang ngelarang. Yang penting bermanfaat dan ga sekedar keliatan lucu, imut atau kemakan promosi. 

Ada yang mau nambahin?


Comments

Popular posts from this blog

Surabaya "hot potatoes"

Dua hari ini, Surabaya panas membara. Panas dalam arti sebenarnya. Membara dalam arti kiasan saking panasnya. Lek jare arek Suroboyo: "Hot potatoes" alias panas ngentang-ngentang. Atau : "The hot is not public" alias panas ra umum, ora njamak panase. Intinya panas di Surabaya dalam setahun belakangan ini benar-benar tak seperti biasane. Hampir 15 tahun tinggal di Surabaya - meski dalam periode tertentu meninggalkan kota ini - tau betul lah kalo Surabaya itu kota panas. Panas karena sinar matahari yang benar-benar menyengat. Bukan karena air laut - seperti Semarang, atau Jakarta - panas ditambah polusi yang parah. Mungkin tak sepanas Pontianak yang berada di garis khatulistiwa, tapi coba deh tinggal disini selama seminggu. Yang jelas, penjelasan Wikipedia bersuhu udara rata-rata 23,6 °C hingga 33,8 °C gak pas jeh. Dalam sebulan ini mencoba mengamati suhu di Surabaya terutama di siang hari. Nyaris gak pernah di bawah 33 derajat celcius. Bahkan hari ini,

(Sebaiknya) Mahasiswa FK Harus Orang Kaya

Selasa (29/11) pagi, saya mengunjungi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Setelah berbincang dengan kolega baru, saya bersama beberapa kawan memutuskan untuk sarapan di kantin kampus. Jujur, saya sangat menikmati makanan sehat yang disajikan kantin itu terutama ketiadaan penggunaan MSG. Saya pun merasa nyaman dengan kampusnya yang bersih, dengan para calon dokter berpakaian rapi dan cantik bersliweran sembari membawa buku tebal. Melihat beberapa di antaranya mengenakan jas dokter begitu gagah dan menawan. Apalagi, cuaca pagi tadi sangat cerah. Tetapi, kenyamanan saya tiba-tiba terusik dengan tindakan salah seorang mahasiswa disana. Jamaknya sebuah kantin yang meja-kursi selalu penuh dan harus berbagi dengan orang lain yang tidak satu kelompok, mahasiswi itu terlihat sangat memusuhi dan judes. Awalnya cuek. Tapi ketika dia sudah pindah meja, dengan seenaknya mengambil wadah sambal tanpa permisi. Sontak, saya pun kecewa. Hilang rasa simpati saya terhadap mahasiswa kedokteran

ArtJog 2011

Guys....akhir pekan kemarin abis berkunjung ke Taman Budaya Yogyakarta yang lagi ada acara heboh yaitu ArtJog 2011. Awalnya sih aku rada-rada males karena menduga akan mendapatkan sajian yang gak jauh beda ama pameran-pameran sebelumnya. Tapi ternyata saya SALAH. Seni instalasi di Art Jog 2011 ini lumayan menarik. Sayang, aku gak beli katalog-nya coz lagi bokek. kekwkekwk...so i share foto-fotonya aja yah, ntar aku lengkapi caption fotonya. Cekidot gan. ini namanya :Luz Series: kayaknya seni instalasi lagi heboh gaya gini ya? kapan hari, aku liat tulisannya USA atau kalau dibalik jadi ASU (Bhs Jawa; Anjing). Kesalahan aku cuma satu: aku gak baca/tidak tahu siapa senimannya. sowli.... yang ini aku foto coz ini adalah kertas yang diukir. menurutku hebat, karena aku gak bisa. hehehe aku upload ini coz sebenarnya aku jijik, kirain tai beneran. hahaha...norak kan? beklah...saya ikutan numpang disini yah :))