Skip to main content

Ibu

“Assalamualaikum Ta…udah di kos?”, kata Ibu di seberang telepon.



“Sudah, barusan datang,” kataku sembari merebahkan tubuh di atas kasur.



“Trus…kapan pindah balik ke rumah,” kata beliau.



“Iya…sedang beberes ini. Masih harus nyari kardus yang lebih besar lagi,” ucapku sedikit enggan.



Lalu obrolan selanjutnya mulai mengalir. Mulai dari pekerjaanku, mantanku, sampe marah-marah karena aku yang selalu susah makan tepat waktu.



***



Ibu bukan sekedar pertanyaan, tapi desakan yang cenderung untuk memerintah. Ibu tahu, kalau terlalu keras memaksa, aku akan makin keras menolak. Secara pelan namun pasti, Ibu meminta untuk kembali ke rumah.



Awalnya, berat karena tentu ada pertanyaan apa yang harus dikerjakan? Apa yang harus dilakukan kalau kembali ke rumah? Apa tidak membebani orang tua? Bagaimana pekerjaan yang sekarang?



Banyak ketakutan. Banyak keresahan.



Sedih dan kecewa meninggalkan pekerjaan lama memang sempat menggelayut hati.



Tapi mengabaikan pernyataan Ibu bukan hal yang gampang dilakukan. Mengecewakan permintaan Ibu bukan pilihan yang lebih mudah.



Bertahan, juga bukan pilihan yang tepat karena zona nyaman membuat kita menjadi stagnan dan tidak berkembang. Yaaah…boleh lah memperdebatkan ‘tidak ada yang salah dengan zona nyaman’. Toh, itu bukan hal yang buruk. Tempat jenak untuk berlindung dari segala gangguan yang ada. Hmmm…untuk kehidupan pribadi, ini yang sedang kulakukan. Hihihii.



Tapi, ya itu tadi.



Menolak permintaan Ibu bukan hal yang mudah. Niatnya pengen membuat Ibu senang. Makanya aku pulang. Meski awalnya tidak jelas pula apa yang ingin aku kerjakan.



Di rumah, tempat favorit kami adalah kamar Ibu. Disana segala macam hal akan ditemui mulai dari dokumen TK (Ibu punya sebuah TK yang berdiri selama enam tahun terakhir dan terakreditasi B), baju-baju hingga anak-anaknya yang malas mandi. Hahahahh…..



Kadang melihat hal itu, Ibu ngomel-ngomel karena anak-anaknya kok malas mandi. Kadang omelan juga meluncur kalau melihat dokumen TK tidak jua dikerjakan olehku atau adikku. Kadang juga kami pringas-pringis ngelihat Ibu yang suka lupa naruh kacamata-nya dimana.



Itu pula yang terjadi di suatu sore. Aku baru saja menyelesaikan naskah berita tentang kuliner Jogja. Adikku menggelempangkan diri di atas kasur, di sebelahku. Kakak laki-lakiku bersliweran di ruang tengah.

Ibu mulai mengomel tentang hari itu. Tentang guru yang kurang detail dalam mengajar, tentang organisasi yang di dalamnya beliau jadi bendahara, tentang mainan yang rusak, seragam yang kurang. Tentang baju-baju yang belum dilipat, tentang rumah yang lupa di pel, tentang motorku yang masih rusak, tentang semuanya.

Di ujung omelan (yang sebenarnya bukan omelan sih :D), beliau berkata :”Tapi Ibu seneng, semua anak-anak Ibu sudah di rumah.”



Aku terpana sejenak mendengar kalimat itu. Ekpsresiku cuma senyum simpul saja.

Kadang aku merindukan liputan di Jogja seperti dulu. Kotanya indah. Nyaman. Meski tukang parkirnya paling galak di antara kota-kota yang pernah aku kunjungi. Yaa memang kurang dieksplorasi olehku sih. Apalagi kan modelku anak rumahan, mlebu kos yo turu. Hahahaha…



Tapi berada di samping Ibu, juga tidak kalah menggembirakan. Dan aku bersyukur untuk itu. Obrolan dengan seorang teman di seberang telepon maupun saat makan di Ciputra World, beberapa waktu lalu, cukup mengendapkan keinginan untuk meninggalkan rumah.



Ohya, dalam sembilan tahun terakhir ini memang aku berpindah-pindah kota. Berpindah-pindah pekerjaan, kebanyakan karena perusahaan medianya bangkrut. Kwkwkw…. Dan meski profesinya tetap: jadi jurnalis. Hemm…ini kayaknya emang udah panggilan hati ya cyiiint….



Lanjut lagi soal Ibu.



Ibu mungkin tidak mengatakan apapun soal anaknya, yang paling suka mengembara keliling ke berbagai kota di Indonesia ini. Kwkwkwk. Tapi Ibu memang paling tahu, sejauh-jauhnya aku jalan-jalan, pasti akan pulang ke rumah. Dan memang, serangkaian ‘hantaman’ baik kecil maupun yang terbesar sekalipun seperti perceraian orang tua hingga putus ama kamu (ahayyy…sapa nih), Ibu memang jadi tempat melabuhkan seluruh keluh kesah.



Ibu jadi samudera bagi anak-anaknya.



Aku bersyukur masih bisa menemani beliau, pas lagi ketawa, makan, ngantuk, tidur, cuci baju, masak, bahkan ketika pura-pura ngomel, ngomel ala kadarnya sampai ngomel beneran



Pulang ke rumah bukannya tanpa resiko. Karena ternyata, di rumah perasaan tidak bisa memberi kebahagiaan untuk Ibu, begitu kuat. Beliau memang diam. Tapi aku pun paham beliau tidak akan menuntut apapun atas kasih sayang yang telah diberikan pada anak-anaknya. Pun demikian, betapa aku begitu khawatir telah menjerumuskan Ibu sebagai penghuni neraka karena perbuatanku. Naudzubillahimmindzalik.

Surabaya, 19 Oktober 2012

Comments

Popular posts from this blog

Surabaya "hot potatoes"

Dua hari ini, Surabaya panas membara. Panas dalam arti sebenarnya. Membara dalam arti kiasan saking panasnya. Lek jare arek Suroboyo: "Hot potatoes" alias panas ngentang-ngentang. Atau : "The hot is not public" alias panas ra umum, ora njamak panase. Intinya panas di Surabaya dalam setahun belakangan ini benar-benar tak seperti biasane. Hampir 15 tahun tinggal di Surabaya - meski dalam periode tertentu meninggalkan kota ini - tau betul lah kalo Surabaya itu kota panas. Panas karena sinar matahari yang benar-benar menyengat. Bukan karena air laut - seperti Semarang, atau Jakarta - panas ditambah polusi yang parah. Mungkin tak sepanas Pontianak yang berada di garis khatulistiwa, tapi coba deh tinggal disini selama seminggu. Yang jelas, penjelasan Wikipedia bersuhu udara rata-rata 23,6 °C hingga 33,8 °C gak pas jeh. Dalam sebulan ini mencoba mengamati suhu di Surabaya terutama di siang hari. Nyaris gak pernah di bawah 33 derajat celcius. Bahkan hari ini,

(Sebaiknya) Mahasiswa FK Harus Orang Kaya

Selasa (29/11) pagi, saya mengunjungi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Setelah berbincang dengan kolega baru, saya bersama beberapa kawan memutuskan untuk sarapan di kantin kampus. Jujur, saya sangat menikmati makanan sehat yang disajikan kantin itu terutama ketiadaan penggunaan MSG. Saya pun merasa nyaman dengan kampusnya yang bersih, dengan para calon dokter berpakaian rapi dan cantik bersliweran sembari membawa buku tebal. Melihat beberapa di antaranya mengenakan jas dokter begitu gagah dan menawan. Apalagi, cuaca pagi tadi sangat cerah. Tetapi, kenyamanan saya tiba-tiba terusik dengan tindakan salah seorang mahasiswa disana. Jamaknya sebuah kantin yang meja-kursi selalu penuh dan harus berbagi dengan orang lain yang tidak satu kelompok, mahasiswi itu terlihat sangat memusuhi dan judes. Awalnya cuek. Tapi ketika dia sudah pindah meja, dengan seenaknya mengambil wadah sambal tanpa permisi. Sontak, saya pun kecewa. Hilang rasa simpati saya terhadap mahasiswa kedokteran

ArtJog 2011

Guys....akhir pekan kemarin abis berkunjung ke Taman Budaya Yogyakarta yang lagi ada acara heboh yaitu ArtJog 2011. Awalnya sih aku rada-rada males karena menduga akan mendapatkan sajian yang gak jauh beda ama pameran-pameran sebelumnya. Tapi ternyata saya SALAH. Seni instalasi di Art Jog 2011 ini lumayan menarik. Sayang, aku gak beli katalog-nya coz lagi bokek. kekwkekwk...so i share foto-fotonya aja yah, ntar aku lengkapi caption fotonya. Cekidot gan. ini namanya :Luz Series: kayaknya seni instalasi lagi heboh gaya gini ya? kapan hari, aku liat tulisannya USA atau kalau dibalik jadi ASU (Bhs Jawa; Anjing). Kesalahan aku cuma satu: aku gak baca/tidak tahu siapa senimannya. sowli.... yang ini aku foto coz ini adalah kertas yang diukir. menurutku hebat, karena aku gak bisa. hehehe aku upload ini coz sebenarnya aku jijik, kirain tai beneran. hahaha...norak kan? beklah...saya ikutan numpang disini yah :))