Skip to main content

(Sebaiknya) Mahasiswa FK Harus Orang Kaya

Selasa (29/11) pagi, saya mengunjungi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Setelah berbincang dengan kolega baru, saya bersama beberapa kawan memutuskan untuk sarapan di kantin kampus. Jujur, saya sangat menikmati makanan sehat yang disajikan kantin itu terutama ketiadaan penggunaan MSG.
Saya pun merasa nyaman dengan kampusnya yang bersih, dengan para calon dokter berpakaian rapi dan cantik bersliweran sembari membawa buku tebal. Melihat beberapa di antaranya mengenakan jas dokter begitu gagah dan menawan. Apalagi, cuaca pagi tadi sangat cerah.
Tetapi, kenyamanan saya tiba-tiba terusik dengan tindakan salah seorang mahasiswa disana. Jamaknya sebuah kantin yang meja-kursi selalu penuh dan harus berbagi dengan orang lain yang tidak satu kelompok, mahasiswi itu terlihat sangat memusuhi dan judes. Awalnya cuek. Tapi ketika dia sudah pindah meja, dengan seenaknya mengambil wadah sambal tanpa permisi.
Sontak, saya pun kecewa. Hilang rasa simpati saya terhadap mahasiswa kedokteran yang seharusnya memiliki nilai empati dan humanisme lebih dibandingkan orang biasa. Pengalaman ini seolah membenarkan kejadian beberapa tahun sebelumnya ketika saya masih SMA. Ketika itu saya sakit, menemui dokter yang angkuh sekali.Senyum tidak ada, diskusi tidak ada, mau nanya eh udah kasih resep aja. Manyunlah kudapat.
Ya…memang terdengar naif keluhan ini. Tetapi toh kalau kita lihat beberapa kasus yang diceritakan seorang kawan, para lulusan kedokteran rata-rata memang kurang empati. Dalam catatan media, kasus terakhir adalah ditahannya sertifikat rumah oleh RSUP Dr. Sardjito karena pasien itu miskin.

Miris???

Mengutip laman http://rahmatfredy.blog.com/2011/02/19/fakultas-kedokteran-termahal-di-indonesia-tahun-2011/ setidaknya ada sembilan Universitas yang memiliki fakultas kedokteran yang biayanya memang selangit. Kriteria yang dilakukan oleh si penulis adalah asumsi total biaya selama 10 semester untuk sarjana kedokteran dan Co-Assistant, total biaya minimal Rp 300 juta atau lebih, biaya meliputi sumbangan pendidikan, biaya studi per semester, biaya laboratorium, dan lain-lain. Selain itu, juga mencakup kelas regular (PTS), kelas internasional (PTN) dan jalur mandiri (PTN).
Sembilan FK termahal dimulai di Universitas Yarsi yang berlokasi di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Tahun ini, mereka menarik biaya studi total sebanyak Rp 312 juta dengan biaya semester : Rp 14 juta. Universitas Trisakti yang juga membuka jurusan FK menyebut total biaya studinya mencapai Rp 322,5 juta dengan biaya per semester adalah Rp 17 juta.
Di Universitas Tarumanagara, FK-nya membutuhkan biaya studi sebesar Rp 328 juta dengan biaya semester adalah Rp 15,35 juta. Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia tahun ini melansir biaya studi sebesar Rp 328,3 juta dengan biaya semester sebesar Rp 17 juta. Sedangkan FK Universitas Gadjah Mada menarik total biaya studi sebesar Rp 340 juta dengan biaya per semester Rp 20 juta.

Ambil nafas sejenak.

Kampus selanjutnya adalah Universitas Kristen Maranatha di Bandung yang FK-nya terakreditasi B. Untuk bisa kuliah di fakultas ini harus merogoh Rp 341.530.000 dengan biaya semester adalah Rp 22.000.000. FK Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya yang terakreditasi A menghabiskan biaya studi sebesar Rp 350.275.000 dengan biaya per semester adalah Rp 18.075.000.
Universitas Indonesia juga masuk dalam FK termahal di Indonesia dengan total biaya studi Rp 425.000.000 dan biaya semester sebesar Rp 35.000.000. Dan terakhir adalah di Universitas Pelita Harapan yang memiliki akreditasi B dan berada di kawasan Lippo Karawaci, Tangerang. Total biaya studi sebesar Rp 502.250.000 dengan biaya per semester adalah Rp 31.350.000.

Apakah Anda terkejut? Atau skeptis?

Dengan biaya semahal ini untuk saat ini, saya yakin bahwa pendidikan kedokteran tidak dirancang untuk orang miskin. Harus dari orang kaya. Oke…ada kampus yang menerapkan subsidi silang atau beasiswa bagi mereka yang kurang mampu. Tapi ada seberapa mahasiswa yang tahan dengan gaya borjuis yang ditampilkan oleh lingkungannya?
Saya tidak bermaksud menggeneralisir semua calon dokter bersikap seperti itu. Pasti ada calon dokter yang berkualitas meski terangnya hanya seterang lilin. Seorang kawan saya berkata ada calon dokter yang menjadi begitu karena karakter bawaan. Namun cilakanya ada yang menjadi kurang empati karena lingkungannya tercipta dan menciptakannya begitu. Artinya orang menjadi seperti itu karena sistem yang bobrok, dengan sistem bobrok hanya karakter-karakter sempurna yg sanggup bertahan terhadap idealisme,

…….
Masyarakat memang menaruh harapan tinggi terhadap mereka-mereka yang berilmu termasuk dokter yang memiliki kemampuan mengobati (tentu atas izin Allah SWT). Tetapi rasanya tidak adil kalau dokter harus bersikap seperti malaikat, yang memiliki tujuan kemanusiaan.

Tapi bukankah itu tugas mulia seorang dokter?

Mengutip pernyataan guru besar FK UGM, Prof. dr. Soetaryo Sp. A (K) jika mau menilik sejarahnya pendidikan dokter maupun praktek dokter di Indonesia selalu berlandaskan humanisme bukan berdasarkan bisnis (ekonomi). Pendidikan dokter Indonesia dimulai dengan berdirinya Sekolah Dokter Jawa tahun 1849.
Sekolah ini merupakan sistem pendidikan modern tertua di Asia karena Jepang baru memulai pendidikannya tahun 1863, Cina tahun 1866, dan Filipina tahun 1871. Dan awalnya sekolah ini didirikan sebagai upaya mengatasi wabah penyakit yang berimbas pada kerugian ekonomi negara. Ketika itu, biaya pendidikan sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah Hindia Belanda. “Mahalnya biaya pendidikan dokter tak lepas dari pengaruh globalisasi,” katanya.
Pernyataan ini jelas sebuah keprihatinan yang tidak main-main. Sebagai salah satu dosen yang dikenal Pancasilais namun santun, saya kira apa yang disampaikan Prof. Taryo sangat keras.
Dalam pikiran naif saya, usul agar mahasiswa kedokteran berasal dari kaum borjuis-lah yang bisa membawa reformasi di bidang biaya kedokteran. Di satu sisi dia tidak keberatan dengan biaya yang selangit, dan di satu sisi lain (mudah-mudahan) dokter-dokter ini memiliki nilai kemanusiaan yang sangat tinggi.

*Lulus dari kampus yang berbau dokter-dokter

Comments

Anonymous said…
Biaya FK UGM dan FK UI di atas adalah biaya utk program internasional. Hampir semua mahasiswanya dari luar negeri, dan mereka mendapat beasiswa dari negaranya. FYI, biaya tsb menurut mrk jauh lebih murah drpd di negarany atau negara lain.

Saya sendiri d FK UGM program reguler per semesternya bayar Rp 1.880.000.
Uang pangkalnya 20 juta. Bbrp teman saya ada yang tidak bayar uang pangkal malahan, krn meminta keringanan k fakultas.

3 teman saya ada yg g bayar uang kuliah sepeserpun alias gratis karena tergolong tdk mampu, jd dibiayai fakultas. Bbrp temen saya juga gratis, tp bkn krn tdk mampu, melainkan krn berprestasi. Bbrp dr mrk juara olimpiade tgkt nasional/internasional.

Mohon menyampaikan artikel scr objektif dan faktual ya...
Jgn sampai mengecilkan semangat juang adik2 yg mau masuk FK...
Trims...
Anonymous said…
Penulis ngawur. Bikin gosip gak bener. Kayak infotainment aja. (Alumnus fk unair)
Anonymous said…
Salah satu mantan mahasiswa bimbingan saya ayahnya tukang becak, dan ibunya pemulung, bisa masuk FK UGM dan lulus cum laude karena prestasinya. Jadi bagi mereka yang tidak mampu, kalau pinter, dan berprestasi, tak usah ragu masuk Fakultas Kedokteran. Bagi mereka yang kaya, harus percaya diri, jangan tergiur oleh rayuan joki. Profesi mulia yang diidamkan jangan diawali dan dihiasi dengan perbuatan curang.
Anonymous said…
Saya baru masuk FK maranatha dan uang pangkal + uang persemester yg dibayar kan diawal terbilang terjangkau .jauh lebih murah dibandingkan UM PTN .terimakasih
Anonymous said…
sya mau masuk FK,ada yg bisa bantu gak?txs
Anonymous said…
asalamualaikum,
memang benar adanya kalo kuliah di FK itu RELATIF mahal, tapi yang perlu digarisbawahi adalah ga semua anak FK itu borju >> thx
Anonymous said…
saya civitas akademika UGM di FKG, saya juga calon dokter gigi namun saya menampik jika saya berasal dari kelangan borju. saya biasa aja. hanya, saya tidak membantah memang seperti itulah, seperti yang dikatakan pemilik blog, banyak yg merasa diatas angin karena gelar dokter yg nanti akan disandangannya serta prestise yg didapatnya saat menjawab pertanyaan "kuliah dimana?"

biasanya anak2 yg bersikap borju belum menyadari benar bahwa uang mereka masih uang mengemis dari orang tua. masih numpang makan dari ketek orang tua. hanya mereka tidak menyadari itu. gimanapun juga ini realitanya. memang benar apa yg dikatakan pemilik blog.
ada beberapa anak yg tidak bergaya borju namun hanya segelintir, dan orang akan melihat generalisasinya daripada sekedar minoritasnya.
Anonymous said…
Inilah alasan kenapa setiap orang bilang mahal masuk fk.
Biaya 2.150.000/smstr. Beasiswa setahun 4,2 juta resminya. Berarti kul biayanya 100 rb. Saya jga bkan dri keluarga berada. Tpi kenyataan bahwa anak yg pintar memang dri kel berada. Ketika ank2 yg lain dpt ip 3 di fk sudah senang, mereka 3,8 saja ribut.
Tentu dgn fasilitas yg dibrikan ortu mreka sdh sewajarnya mndpt nilai yg lebh baik. Tpi sbg peringatan buat saya dan mngkn penulis yg sama tdk sopannya dgn mahasiswi judes itu, bahwa anak orng kaya mau usha tetap jdi orng kaya. Dan usaha untk dpt nilai yg baik, tetap sja sulit baik bpknya tukang becak atw agt DPR
Anonymous said…
saya salah satu mahasiswa FKG UGM yang saya lihat dari generalisasinya, tidak semua mahasiswa kedokteran itu borjuis, seperti saya yang notabene termasuk orang2 yang menengah kebawah. dari superfisial memang akan terlihat kami(mahasiswa medis) seperti orang kaya karena dituntut untuk berpenampilan rapi dan bersih berbeda dengan mahasiswa fakultas lain. hal itu yang mungkin memperlihatkan bahwa kami seperti anak orang berada secara keseluruhan. namun gak semua begitu, ortu saya misalnya hanya pedagang di rumah kecil yg pendapatannya cuma 2 juta bila dirata2 saya harus berjuang untuk mendapat beasiswa agar lancar kuliah di sini.
tapi penulis ga salah juga karena ada memang beberapa oknum borju di kampus saya, mereka biasa menenteng mobil, tas dan barang2 lain yang mahal perilaku mereka pun sangat memprihatinkan. mereka juga memandang teman sebangku kuliahnya yg kurang mampu dengan tidak respek. kuliah di sini saya juga harus kuat2 ga silau melihat mereka yang kaya bawa dan bayar ini itu begitu mudahnya, dan jelas memang bisa orang kurang mampu berkuliah di sini tapi jangan bermimpi untuk bergaul dekat dengan para borjuis ini, karena mereka membentuk blok sendiri yg sulit kita masuki, so sayangnya mereka bak virus yang menjadikan image mahasisa FKG UGM khussnya sangat buruk di mata masyarakat. mari kita jadikan pertimbangan bersama
Anonymous said…
Saya salah satu mahasiswa FK UGM yang sedang Co-Asistensi, menurut saya biaya kuliah FK di UGM pada artikel ini kurang berimbang, memang untuk program International uang SPP dan BOP jauh lebih mahal dari program reguler, saya dari program reguler untuk setiap semester saya membayar total Rp 2.225.000,00 all in, tidak ada tambahan biaya laboratorium maupun lain-lainnya, biaya lain selama Co-Asistensi hanya terbatas untuk keperluan sehari-hari dan biaya asrama bila sedang bertugas di luar kota dan itu pun biayanya masih wajar lebih murah daripada biaya kos. Memang benar kebanyakan mahasiswa di angkatan saya berasal dari kalangan menengah ke atas tetapi banyak juga dari kalangan menengah ke bawah. Kesempatan memperoleh beasiswa pun besar di kampus saya. Saya sendiri berasal dari keluarga sederhana, ayah saya guru SMK dan ibu saya guru SD. Jadi mari kita luruskan bersama bahwa kuliah di kedokteran tidak seluruhnya mahal, asal ada niat dan usaha pasti ada jalan. Mari kita ubah paradigma dan sikap skeptis kita agar kedepannya banyak lulusan Fakultas Kedokteran memang benar-benar orang yang layak dan berkualitas bukan dari orang-orang yang hanya modal uang saja.
Anonymous said…
saya salah satu mahasiswa FKG maranatha... dengan biaya sumbangan tetap 70jt dan biaya semester 17jt saya rasa fasilitas yang diberikan oleh pihak kampus sangat lengkap. hanya harus siap mental dan otak untuk menimba ilmu di fkg maranatha..
Anonymous said…
Saya mahasiswa FK UGM, saya agak miris membaca artikel ini karena saya rasa isi artikel ini terlalu dilebih-lebihkan. Saya sebagai mahasiswa program reguler memang membayar uang pangkal senilai 40 juta. tetapi itupun boleh dicicil selama 5 semester. Selain itu, biaya per semester sekitar 2,1 juta sangat reasonable karena sudah mencangkup semua materi dan praktikum dari fakultas. Selain itu, pihak fakultas juga memberikan banyak akses beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu sehingga tidak ada mahasiswa yang studinya terganggu karena masalah ekonomi.
Unknown said…
klo biaya fk ugm thn 2013 kira2 brp?
trus tiap semester nya brp?
untk ank bidikmisi.

mksh.
Anonymous said…
FK Unhas, SNMPTN undangan maupun tulis biaya masuknya sama kayak jurusan lain. uang pangkal 1,6 jt, SPP 600 ribu..
JNS(jalur non subsidi/mandiri) uang pangkal reguler 100 jt spp 1,5 jt, internasional 125 spp 3 jt..
ada yg lbh murah?
*smua orang bisa kuliah di FK, asal mau berusaha, belajar dan rajin berdoa
Anonymous said…
Mungkin anda perlu mempertimbangkan lagi omongan anda. Apakah dari sebuah wadah sambal yang adalah milik kantin tersebut dan bukan milik anda beserta cara anda menilai orang dari bagaimana cover orang tersebut anda bisa menilai sikap mahasiswa kedokteran? Soal biaya tolong anda cek website resmi dari masing-masing universitas tersebut supaya tidak menjadi rumor yang ngawur dan tidak jelas sumbernya.
Anonymous said…
Kalau yang anda bicarakan di artikel ini saja semuanya ngawur bagaimana para pembaca bisa percaya isi artikel di blok anda yang lain.
Anonymous said…
setelah 10 tahun di fakultas kedokteran mengamati teman dan mahasiswa saya, boleh dibilang saya setuju isi artikel ini. Mahal, tapi tidak untuk mengecilkan hati yang kurang mampu. Banyak jalan yg bisa ditempuh. mahasiswa borju? sy amati proporsinya meningkat tiap tahun. banyak komentar di atas mengatakan "saya tidak borju", agak aneh juga karena penilaian borju atau tidak itu ketika dilihat orang lain bukan dilihat diri sendiri.
Anonymous said…
Yang pasti ini masukan yang bermanfaat... Jadi orang tua bisa menghitung dan mempertimbangkan bila anaknya masuk FK...
Anonymous said…
ARTIKEL INI SANGAT INFORMATIF DAN MENGINSPIRASI PERBAIKAN PENDIDIKAN DOKTER UNTUK KEMAJUAN BANGSA INI... SEMOGA BERKAH DAN MANFAAT... TERIMAKASIH.
Anonymous said…
Ini fakta, atau gosip?
Kalo beneran fakta, wadduuh. Bikin nyali makin ciut aja nih.
Anonymous said…
Saya mahasiswa FK UGM yg saat ini sedang koas,

Bagi adik2 yang mau masuk FK, jangan takut, coba saja dulu. Jangan menerima mentah2 informasi di blog ini.

Sekedar info, UGM saat ini bukan BPHP lagi tapi jadi BLU
intinya, semua manajemen keuangan tidak sepenuhnya dikelola secara otonomi tapi dikembalikan ke pemerintah. Jalur masuknya undangan, SBMPTN untuk reguler; dan tes mandiri untuk inter. Inter memang jauh lebih mahal, bisa 30 jutaan per semester (denger2 pake dollar bayarnya). Tapi itu wajar, mengingat fasiitas yang diberikan fakultas untuk program inter.

Ada kabar yang menyebutkan uang pangkal kemungkinan tidak ada
tapi uang per semester tidak lagi 2,1 juta. Kemungkinan uang per semester meningkat jauh untuk kompensasi tidak adanya uang pangkal. Jumlahnya belum tau.

Pengalaman saya di FK UGM, ada banyak sekali jenis beasiswa yang bisa diambil, misal PPA, BBM, BOP, beberapa bank, beberapa instansi, asal rajin cari info dan mau mencoba.

Bagi anak berprestasi tapi kurang mampu, fakultas juga menyediakan dana bantuan khusus.

Bahkan, jika di tengah pendidikan ada mahasiswa yang mengalami kesulitan finansial, dapat mengajukan surat keringanan ke dekanat.

Memang wajar jika biaya di FK tinggi, mengingat sarana untuk praktikum dan perkuliahan memang membutuhkan dana yang besar. Namun, bukan berarti hanya orang kaya yang bisa masuk FK.

Selalu ada jalan bagi yang mau berusaha...
Anonymous said…
Saya dari fk maranatha tidak mengeluarikan uang sampe segitu, coba di cek lagi datanya dapet dari mana
Yusuf said…
SPP saya saat menjalani pendidikan dokter umum sangat murah. Hanya 180 ribu per semester. Itu antara tahun 1993-1999. Dan saat saya sekolah spesialis di Unair, SPP per semester juga terjangkau. Hanya 1 juta per semester, tanpa uang masuk sama sekali. Itu berlaku untuk semua dokter yang menjalani pendidikan spesialis antara tahun 2005-2010. Demikian sekadar info. Semoga bermanfaat..
Anonymous said…
Sekedar info saja, coba kuliah di China, jurusan kedokteran dengan kualitas internasional dan biaya murah. Hub Chinalink saja yg paling terpercaya(www.chinalink.co.id)
Anonymous said…
Saya mungkin harus membuka mata atas mahalnya biaya pendidikan dokter. Memang kemiskinan adalah ujian, berapa banyak kesulitan yang harus dihadapi karena ketidakmampuan finansial. Tapi memberikan informasi, hendaklah berimbang, masih banyak dokter dari keluarga kurang mampu menjalani kuliah di fakultas kedokteran dengan keringanan2 biaya yang diberiakn. Jangan ciutkan cita2 mulia mereka yang ingin menuntut ilmu di fakultas kedokteran namun berasal dari keluarga tidak mampu, saya sendiri mengalaminya, seorang yatim dengan ibu pedagang jamu? tak mustahil bagi saya berkuliah hingga kini, akan menjalani co ass. Ada banyak beasiswa betebaran dapat saya manfaatkan, BBM, PPA, Bidik misi. sebagai kaum tak punya, kaum minoritas di tempat menimba ilmu, peluang kami mendapat beasiswa terbuka lebar, tentu anak para dokter kalah pantas dengan kami untuk mendapat beasisiwa. 1 lagi, uang gedung bisa dibebaskan juga jika memenuhi syarat. Alhamdulillah, juni lalu saya wisuda, tentunya saya dapat wisuda setelah dinyatakan tidak memiliki tanggungan biaya pendidikan dalam bentuk apapun. Perkenalkan Kampus saya, FK UNS tercinta.
Anonymous said…
harusnya ilmu kedokteran murni untuk anak2 yg memang mampu secara otak bukan mampu karena uang,ilmu kedokteran hubungnnya dngn jiwa, sdh sehrusnya jalur mandiri dihapus, ilmu kedokteran harus untuk anak2 yg bnar2 mampu otaknya
Anonymous said…
saya saat ini kelas 3 SMA. saya ingin mengambil fk ugm atau uns. mohon informasi akurat tentang biaya dari fk kedua univ tsb. apa benar masuk fk ugm sampai beratus2 juta ? sekian
Anonymous said…
besar harapan aya untuk masuk FK UGM, maka dari itu tolong berikan informasi yang akurat, karna itu menjamin masuknya kita yang mau masuk FK khususnya saya...
sedikit informasi kakak2 senior bisa membantu mewujudkan keinginan kami. terimakasih :)
http://asuransipendidikankita.blogspot.com/ said…
Walau kebanyakan comment yang disini konfrontasi dengan tulisan diatas, sebagian ada juga benarnya. Lihat saja dokter-doter kita sekarang mereka nyaris murni bisnis. Melayani pasien juga kurang jika sudah ngetop. Makanya banyak pasien Indonesia lebih suka berobat ke Malaysia, padalah dokter-dokter di malaysia itu banyak yang lulusan USU.Manajemen rumah sakitnya lebih bagus dari Indonesia. Target mereka pasien sembuh secepatnya bukan spt di Indonesia. Dokter yg bekerja di Rumah sakit tidak ada lagi melayani praktek di tempat lain, jadi full di rumah sakit tempat mereka bekerja.
Anonymous said…
Saya anak fk untar,artikel ini sedikit berlebihan.bila ada anak kurang mampu yang ingin msk fk untar,fk untar menyediakan program msk fk dengan beasiswa.dan bila seseorang di anggap orang kaya yang hanya ingin gelar dokter,saya kira ini berlebihan.
kaya/tidaknya seseorang adalah relatif.
di fk kami,semua anak mendapat penilaian yg objektif .jadi yang bertahan sampai mendapatkan gelar dokter bukanlah kaya/tidak.melainkan seseorang itu mampu/tidak menjadi dokter berdasarkan kemampuan pribadi.banyak org kaya yg berhasil dgn jerih payah mereka juga,dan banyak org yg kurang mampu yg juga berhasil dari jerih payah mereka untuk mendapat gelar dokter.
Anonymous said…
Siapa diantara kalian yang harus di percaya... Toh kita ini Anonymuos semua...
Anonymous said…
Jujur aja gan...!!! Semua orang yg masuk atau pernah mencoba masuk faked tau bahwa faked itu susah n sangat mahal.
Kenapa . . .???, karna para pegawai dan guru besar (PTN) sudah terlalu banyak. makanya mereka jadi kurang kerjaan,mungkin kurang penghasilan, atau kurang ajar sehingga mereka rela menurunkan derajat untuk mengambil pekerjaan tambahan sebagai broker, makelar, calo atau apapun namanya dengan dalih "membantu" calon mahasiswa/i supaya dapat diterima di faked. Kompesasinya cama harus membayar "sukses fee" sebesar 100-300% dari seharusnya. Yg nilainya mencapai 100-300jt.
Belum lagi harus membayar biaya persemester....
Kalo untuk biaya masuk aja sudah begini masih murah ya gan...????
kalo masih ada hati nurani mari kita jangan munafik agar setiap generasi muda kita mendapat kesempatan yg sama dalam untuk mengapai cita-cita. (Ini fakta 2013)
Anonymous said…
Saya mahasiswa FK Untar, dan bukan orang kaya. Saya dapat beasiswa melalui jalur JPP. Dan biayanya tidak semelambung yang penulis paparkan.
Bahkan banyak dianyatara teman saya ada yang dapat beasiswa 100%. Jadi tidak dipungut biaya sedikitpun.
Iseng-iseng cari artikel mengenai kedokteran, sudah terkejut mulai dari membaca judulnya. Non, maaf.. Coba lebih cerdas lagi dalam menulis sesuatu. Jangan sampai ketidakpahaman kamu mengenai FK memadamkan semangat mereka yang mampu jadi calon dokter terbaik.
FYI, anak jutawan sekalipun kalau dia tidak punya kepintaran yang memadahi sebagai 'anak FK' ya tidak akan pernah bisa masuk FK.
Akhir kata, saya hanya ingin meluruskan kalau artikel ini salah besar. Tetap semangat untuk adik-adik junior yang bukan orang kaya, tapi mau masuk FK. Dengan usaha dan kerja keras, semua PASTI bisa tercapai.
Dan tetap semangat untuk penulis artikel, semoga bisa menulis artikel yang lebih baik.
uang pangkal apa kak??? saya pengen masuk FK UGM, kira2 beasiswa yg ditawarkan apa saja selain bidik misi? terima kasih
Anonymous said…
Adik2 Kakak2.. mohon petunjuknya bagi saya yang berumur 27 thn tetapi masih punya keinginan besar untuk kuliah kedokteran.. mengingat saya yg sudah lulus SMA sejak hampir 10thn yg lalu, apakah ada program kuliah kedokteran di univ. yg bersedia menerima mahasiswa dgn usia spt saya?
Anonymous said…
Sudah saatnya pemerintah mengucurkan dana yang sudah dianggarkan sebesar 20 % itu untuk program-program seperti ini. Kita akui Biaya pendidikan fakultas kedokteran memang relatif mahal daripada fakultas lain. Hal ini disebabkan banyaknya pemakaian laboratorium samapi kepada pemesanan mayat
Anonymous said…
jangankan FK,saya mahasiswa FEB UGM disini juga banyak kok yg borju

masalah uang spp sampai 20 juta,disini juga sama kok untuk program internasional,tapi menurut saya itu sebanding dengan fasilitas yang didapatkan (pengantar bhs inggris,kesempatan double deegre) malah menurut kami yang mahasiswa S1 reguler yang biaya semesterannya 500ribu (blm termasuk sks) terbantu dengan subsidi silang berupa fasilitas,dana kepanitian dll

menurut saya sih yang penting lolos dulu masuk snmptn/ujian mandiri PTN (susah lo) toh beasiswa juga banyak,kalo PTS mah wajar ga bisa disalahkan juga karena rata2 yang masuk PTS gagal ke PTN jadi ya harus modal Dana nya hehe
Anonymous said…
maaf ka. aku kelas 3 SMA dan aku benar-benar antusias sama Fakultas Kedokteran, terutama UI. apa benar kalau kuliah di jurusan FK biaya kuliah sampai segitu mahalnya? banyak dari komentar kakak" mahasiswa FK bilang tidak semahal itu. kadang aku juga mikir kalau semahal itu, bagaimana dengan kedua orangtuaku. tapi, aku akan terus berusaha supaya bisa masuk FK. menurutku, tidak ada salahnya mencoba. SEMANGAT!
makasih.
Anonymous said…
Waah,, UNS biaya "plus plus" ny banyaakk dn gedee bgtt.. Taun '12 aja untk UM ny mematok minimal 500jt.. UNS trcinta???? -___-
Unknown said…
ane mau nanya nih. ane bukan mahasiswa FK UGM, tapi denger2 ada yg pernah gak ngumpulin tugas, gak pernah masuk blah blah blah tapi tetep dikasih nilai B ya? Katanya IPK 3 kalo di FK udah juelek banget soalnya rata-rata IPK-nya 4. Bener gak ya?
soalnnya kalo kata yang lain, kalo mau ujian tuh ada yg ujian tulis, praktek sama yg disuruh jelasin ke dokter beneran gitu (CMIIW). dan katanya kalo gak lulus satu ujian aja suruh ngulang semua :/. jadi yang bener mana ya? :/.
dr.Garnis said…
saya alumni ugm lulus 2012 kemarin. saya masuk bayar uang gedung 10 juta, persemester spp+bop 2,5 juta.memang biayanya variatif, tergantung waktu masuk ngisi sumbangan brp.klo mau yang jalur internasional gak tes melalui tes umum, itu memamng mahal.tp ya dasar media, yang dimunculkan yang paling mahal. biar pada takut...bad news is a good news.hahaha dasar
Anonymous said…
Mau menjawab pertanyaan soal IPK. FYI, kuliah di kedokteran itu sangat susah n byk pengorbanan waktu luang. Kalo saya setiap hari belajar min 2 jam. Kalo mau ujian bs seharian bljr dirumah, itupun ipk juga ga 4. Jadi kalo dibilang kuliah di FK asal kaya aja, salah besar ya.. ujian di FK ada ujian skillslab : ujian praktek pura", ada ujian tulis: meliputi fisika kedokteran-kimia-dll, ujian anatomi tubuh manusia pake kadafer/mayat, dan masih byk ujian" lainnya. Kalo soal ngulang/ istilahnya Gagal Blok, itu kebijakan masing" universitas. kalo saya di UNTAR, gagal salah satu ujian aja berarti GB, alias ngulang materi 1 blok (1.5 bulan). Kesimpulan: di FK susah, tp kalo niat ya ga mustahil. Buktinya saya aja bs bertahan (dan tanpa sogok menyogok) .semoga infonya bermanfaat ya.thanks :)
Anonymous said…
Untuk tahun akademik 2014/2015 FK UPH kira-kira menghabiskan biaya sekitar 505.250.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya study tour, dll. Untuk beasiswa sebenarnya UPH memiliki 4 jenis beasiswa yaitu Prestasi Akademik, Keterbatasan Ekonomi, Prestasi Seni, dan Prestasi Olahraga. Namun untuk FK sendiri hanya bisa mendapatkan beasiswa melalui prestasi akademik. Tipe Program Beasiswa UPH adalah Platinum (100%), Gold (75%), Silver (50%), dan Bronze (25%). Beasiswa meliputi Biaya Pendaftaran, Biaya Semester dan Biaya Kredit. Untuk mempertahankan beasiswa di semester selanjutnya, pemegang beasiswa harus mencapai IPK dan IPS yang telah ditetapkan.
Lintang Banjar Sore said…
Hahaha ade ade baru jalan sedikit itu sih, saya dulu sekolah lebih murah dari kalian karena mengandalkan UMPTN. Uang sumbangannya ngak saya bayar waktu itu kalau disuruh bayar saya mundur ngak kuliah. Bisa kebayang kan gimana miskinnya keluarga saya?

saya kuliah sambil dagang asongan copian diktat dosen di kampus, hahahahaha

mungkin para dosen masih dendam dengan saya yang jadi plagiat dan penjuat diktat buat bayar kampus. tahun tahun itu setelah kerusuhan masal memang ekonomi indo hancur tapi harus diterima dengan lapang dada.

Untuk Kampus yang terkenal di JABAR terima kasih hadiahnya dulu, mau mengajari saya jadi dokter walaupun mungkin saya bayar ke anda cuma seratus rupiah per dosen.

Ade ade kalian harus terus TAFT kuat nanti mau sekolah lanjutan jadi spesialis juga mungkin ratusan kali lebih mahal dari itu. Jangan menyerah di depan dulu.
mulai belajar macarin anak atau cucu konsulen supaya dapat backing, kumpulin uang sebanyak banyaknya buat sopoy, kalau perlu yang haram juga ikut dikumpulin.
Karena kita harus berjuang memperebutkan kursi selanjutnya. Jangan terlalu idealis jaman sekarang orang ngak perlu pintar yang perlu itu kaya!!!!!!!

Terima kasih Kampus atas hadiah tahun baru 2014 dengan menolak saya yang sudah berada di luar daerah dari sejak lulus meninggalkan tanah kelahiran kemarin saya sudah sempat 2 kali test PPDS dan berhasil gagal.

Walaupun saya berangkat atas intruksi Bupati tapi akhirnya kandas, mudah mudahan diluar daerah sana nanti yang dari dulu tidak punya dr spesialis masyarakatnya pada sehat semua, jadi ngak mesti dirujuk ke ibukota propinsi ataupun sampe rujukan ke pulau jawa karena kasus spesialistik.

mohon maaf saya infokan kakak kelas saya yang biayanya sekolah PPDS dibiayai dari APBD dan APBN lulusan almamater sama dengan saya juga mau kabur tuh dari daerah gimana ya solusi kedepannya.

Apa mental ideologinya dulu waktu test tidak dinilai ya DR Sp.. kenapa dia yang akhirnya milih kabur diterima PPDS?

Nah Ade Ade yang pada ,mau jadi dokter sekarang kudu mantapin hati ya, itulah kenyataan di lapangan.
Tambah lagi sekarang jasa dokter sudah pake BPJS, besok kita makan
pake cacing supaya bisa nabung buat biaya sekolah lagi.
Anonymous said…
JANGAN HIRAUKAN ARTIKEL INI... INI HANYALAH HOAX DAN MUNGKIN 'MAAF' PENULIS ADALAH LULUSAN SMA YANG TIDAK BISA LOLOS KE FK UGM DARI SEMUA UJIAN MASUK YANG DISEDIAKAN PIHAK KAMPUS... INFORMASI BIAYA DAN LAIN-LAIN HANYA PERCAYA PADA SUMBER YANG RESMI (ugm.ac.id) BUKAN DARI PENGADA-ADA... THX
Anonymous said…
Maaf saya mau tanya untuk biaya mandiri fkg ugn 2013 berapa ya ? Terima kasih
Anonymous said…
diluar negeri juga bisa lebih mahal lagi..ilmu mau yang murah apa lagi gratis mau ilmu yang kaya apa???ilmu nyantet aja bayar dukunnya mahal!!!apa lagi ilmu yang memang berguna buat kehidupan!!!
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
Memang bener kuliah kedokteran mahal, tp itu tergantung KAMPUSnya! Klo lo kuliah di PTS yg emg nyari duit, jelas mahal biayanya selangit, tp klo lo bs lolos SNMPTN biayanya itu murah, bahkan byk jg PTS yg ngasih tawaran beasisnya buat anak2 pinter yg pgn kuliah FK, jd klo nulis blog jgn ngaco, kesian ade2 yg dr kalangan bawah klo baca ni blog, yg ada pada patah semangat...
Saya bukan anak FK dan tidak pernah kuliah di FK. Saya tidak sepenuhnya setuju dengan artikel mba Mashita, tapi tidak menampik kebenaran artikel ini.
Tapi fenomena mahalnya biaya kuliah adalah sesuatu yang wajar. Bukan hanya di FK, adik saya yang kuliah di jurusan teknik arsitektur salah satu PTN ternama di Jakarta/Depok biaya per semester mencapai 7.5 juta, tapi karena dapat keringanan jadinya hanya bayar 6.5 juta per semester. Kami menyanggupi karena ini demi dia dan keluarga. Tidak ada warisan yang lebih baik daripada ilmu yang bermanfaat.

Kita jangan memandang biaya ini menjadi beban, tapi anggaplah biaya ini jadi pemicu supaya bisa belajar sungguh-sungguh demi masa depan sendiri. Daripada kuliah gratis tapi jadi ogah-ogahan, lebih baik mahal sekalian tapi serius.

Istri saya juga les bahasa Inggris di wall street biayanya 22 juta. Tapi tetap saya paksa belajar walau sebenarnya saya tidak punya uang sedemikian banyak. Saya bayar uang pangkal dan cicil per bulan. Ini demi kita sendiri, bukan demi orang lain. Kalau kita sukses, kita sendiri yang merasakannya, dan orang lain pun bisa terkena imbas dari kesuksesan kita. Suatu saat nanti, ketika mba Mashita menjadi pengajar / dosen, mba pasti merasakan pentingnya biaya pendidikan. Sebab Mba harus melayani para pelajar dan mengajar mereka dengan sebaik-baiknya, serta harus menyediakan fasilitas selengkap-lengkapnya. Pada akhirnya biaya tersebut akan kembali ke pelajar tersebut.
No Pain No Gain.
Salam buat Mba Mashita, Good Artikel. Semoga sukses dan turut menjadi pengajar di kampus Mba.
Anonymous said…
Saya mahasiswa fk ugm prodi pd reguler. Saya masuk dg uang 15 juta lebih dikit untuk administrasi. Uang semester 2 juta lebih dikit. Ya itu tergolong murah karena ketika sma uang satu semester saya 2,1 juta juga. Yg dapat saya benarkan dari pendapat penulis adlh memang karakter teman2 calon sejawat saya bermacam2. Tp kebanyakan mereka sudah memiliki geng2 sendiri jadi jika ingin aman maka bentuk geng sendiri. Jadi mahasiswa fk harus tahan sabar dan untuk muslim saya sarankan masuk rohisnya karena disana teman2 lebih baik. Tahan sabar yg saya maksud adalah memang kebanyakan anak kutu butu tp juga banyak yg berorganisasi. Tp banyak juga yg dg ego masing2 mementingkan nilai akademik dan menganggap teman sebagai teman saja demi keuntungan mereka. Sabar juga dalam menghadapi teman2 yg terlihat kekanakan karena usia mereka yg masi terlalu muda belum memiliki empati dan simpati pada orang lain. Sabar juga menghadapi kuliah yg mungkin menyita waktu berharga selama hidup ini dan (dari pengalaman jelek, smg tidak ditiru) sampai2 mengabaikan perintah ibadah tepat waktu karena sibuk dg urusan materi yg harus dihafal. Buat apalah hidup terlalu fokus di dunia demi meraih kesuksesan, karena tuhan telah menakdirkan kita jg dg usaha. Jd seharusnya seimbang antara dunia dan akhiratnya. BTW yg jadi motivasi saya adalah belum tentu yg perfect di akademik kelak akan jadi dokter yg hebat. Justru yg selalu melatih softskill lwt organisasilah yg akan mjd orang hebat. Saya kelak mungkin akan mengagumi teman2 yg hebat ini dibanding teman2 yg fokus dg akademik saja meski sukses tp tidak ada rasa segan dan respect dari pandangan saya. Ya begitulah dilematika kuliah di fk. Jika selama setahun merasa tidak cocok maka saran saya segera daftar snmptn saja. Daripada seperti saya menyesal ingin pindah jurusan. Tp apa daya sudah 2 tahun saya disini. Jadi nikmati saja hidup ini dan selalu berdoa pada-Nya serta berusaha menjdi dokter yg tulus mengabdi pad bangsa ini.
Anonymous said…
Kalo menurutku yg paling berpengaruh itu kelompok tutorialnya. Jadi dalam satu angkatan kuliah di prodi pend dokter yg jumlahnya 300 itu akan dibagi dalam kelompok2 belajar jumlahnya 10 an orang. Nah kelompok ini akan jalan selama setahun sebelum diaduk/diacak lagi di tahun depan. Jika di awal dapet kelompok yg ngga gitu sesuai dg kita maka tamatlah kita karena di awal2 adalah masa2 adaptasi. Jika dapet klpk isinya orang2 kaya yg jarang nunduk kebawah bisanya cuma dongak ke atas sementara kita dari gol bawah maka tamatlah riwayat kita jika tidak pandai bergaul dan meraih simpati mereka. Tp rata2 baik kok anak2 itu meskipun kadang terlihat luarnya aja. Tp ya begitulah kuliah di kedokteran. Kondisi ini masih jauh(sangat jauh) lebih baik di ptn daripada perguruan tinggi swasta karena swasta itu kalo ngga punya duit ato otak yg sangat encer sampe2 rektornya butuh anak tsb buat trigger teman2nya yg sebenernya isinya anak2 yg kepaksa kuliah kedokteran karena bokap nyokap dokter juga. Ya begitulah dilematika dokter itu. Kalo masuk kedokteran tu usahakan dg niat tulus jangan liat prospek kerja ato apalah karena cuma bikin mkan ati. Kuliah belajar kuliah belajar. Kalo kebanyakan hedon ntar ngga lulus2 dan nilai bisa ambruk. Niatin dg tulus ikhlas biasain begadang buat belajar meski itu tidak baik buat kesehatan karena bisa sebabin kanker. Pokonya doa tulus ikhlas dan serahkan takdir ke yg diatas insyaAllah itu adalah salah satu jalan terbaik menuju surga. Amiin
Mashita Mashita said…
terima kasih atas komentarnya, baik yang mendukung maupun mengecam.
Anonymous said…
Ya kalo masuk FK melalui ujian mandiri emang cenderung mahal ya. Kecuali dapet beasiswa. Kebetulan sy sendiri keterima di salah satu PTN nih FK jg tp berhubung mahal ga diambil. Tahun berikutnya sy coba daftar di Sorbonne Université. Ya tahun 2007 sy keterima disana dgn syarat Lulus ujian bahasa DELF B2 minimal dan syukurnya sy sudah lulus DALF C ya. Dan tararaaa.. sy pun lulus beberapa tahun yg lalu. Tp ya pulang ke Indo susah lagi harus ngurusin ijazah dan izin praktik nya ini itu. Tp buat adik2 yg mungkin susah dpt beasiswa tapi ttp ingin masuk fk. Coba daftar ke Sorbonne ya Pierre et Marie Curie faculté. Gratis kok. Ga dilihat dari status ekonomi sosialnya. Yg penting udh dpt pernyataan keterima dr universiténya aja. Sama ijazah ujian bhs prancis. Untuk public université jurusan apapun di Prancis gratis sodara2. Yah gaya hidup apalagi di Paris lumayan lah mahal. Tp untuk kita warga negara RI yg terbiasa makan nasi, lebih irit karena harga beras jauh lebih murah ketimbang roti. Hehehe.. ok ok deh selamat berjuang.
Anonymous said…
Di France gw FK Pantheon Sorbonne Univeristé, Pierre et Marie Curie Faculté gratiiisss 100% buat semua mahasiswanya asal diterima kuliah disitu aj!
Sarah Buddie said…
Ini adalah kesaksian saya tentang pekerjaan yang baik dari seorang pria yang membantu nama me..My adalah sandar, dan saya mendasarkan di London.My hidup kembali !!! Setelah 8 tahun menikah, suami saya meninggalkan saya dan meninggalkan saya dengan tiga anak-anak kita. Aku merasa seperti hidup saya akan berakhir, dan berantakan. Berkat kastor mantra disebut DR Ogbo yang saya bertemu secara online. Pada suatu hari yang setia, saat aku browsing melalui internet, saya sedang mencari mantra kastor yang baik yang dapat memecahkan masalah saya. Aku datang di seri kesaksian tentang mantra ini kastor tertentu. Beberapa orang bersaksi bahwa ia membawa kekasih Ex mereka kembali, beberapa bersaksi bahwa ia mengembalikan rahim, beberapa bersaksi bahwa ia dapat melemparkan mantra untuk menghentikan perceraian dan sebagainya. Ada satu kesaksian khusus saya melihat, itu adalah tentang seorang wanita yang disebut rahmat, dia bersaksi tentang bagaimana Dr Ogbo membawa kembali kekasih Ex-nya dalam waktu kurang dari 72 jam dan pada akhir kesaksiannya ia menjatuhkan alamat e-mail Dr Ogbo. Setelah membaca semua ini, saya memutuskan untuk memberikan DR Ogbo mencoba. Saya menghubungi dia melalui email dan menjelaskan masalah saya kepadanya. Hanya dalam 3 hari, suami saya datang kembali ke saya. Kami memecahkan masalah kami, dan kami lebih bahagia dari sebelumnya. Dr Ogbo benar-benar seorang pria yang berbakat dan berbakat dan saya tidak akan berhenti menerbitkan karena dia adalah pria yang luar biasa ... Jika Anda memiliki masalah dan Anda mencari kastor mantra nyata dan asli untuk mengatasi masalah tersebut untuk Anda. Cobalah besar Dr Ogbo hari, ia mungkin menjadi jawaban untuk masalah Anda. Berikut kontaknya: drogbohighspiritualspellcaster@gmail.com Terima kasih besar Ogbo. Hubungi dia untuk hal berikut:

(1) Jika Anda ingin kembali mantan Anda.
(2) jika Anda selalu memiliki mimpi buruk.
(3) Anda ingin dipromosikan di kantor Anda.
(4) Anda ingin wanita / pria berjalan setelah Anda.
(5) Jika Anda ingin anak.
(6) [Anda ingin menjadi kaya.
(7) Anda ingin mengikat suami / istri menjadi milik Anda selamanya.
(8) Jika Anda memerlukan bantuan keuangan.
(9) perawatan Herbal
10) Membantu membawa orang keluar dari penjara
(11) Mantera Pernikahan
(12) Mantera Keajaiban
(13) Mantera Kecantikan
(14) NUBUAT CHARM
(15) Mantera objek wisata
(16) Mantera Evil Eye
(17) Kissing Eja
(18) Hilangkan Mantera Sickness
(19) mantra PEMILU WINNING
(20) SUKSES DALAM UJIAN Mantera
(21) Charm untuk mendapatkan yang mencintai Anda.
(22) mantra Bisnis.
Menghubunginya hari ini:
drogbohighspiritualspellcaster@gmail.com,
+2348057586216.
Anda juga dapat HUBUNGI HIM pada apa-aplikasi pada nomor telepon yang sama.
Unknown said…
mungkin ini informasi yang berguna banget,bagi clon mahasiswa/wi tahun ini,khususnya yang mau masuk KEDOKTERAN/non kedokteran,..
kami ada jalur dalamnya,jadi gk ada salahnya kan tanya" dulu:)
UMP FKU
UNJANI FKU
TRISAKTI FKU
UGM FKU&FKG
UNBRA FKU
UNAIR FKU
UNDIP FKU&FKG
UII FKU-non test(kouta terbatas)
UMY FKU-non test(kouta terbtas)

asroni94@gmail.com
26B3F374

trimakasih sebelumnya:)
Anonymous said…
Halooo, saya senior, lulus dr fk ugm slama skolah biayanya gratis, bapak saya cuma petani tp tetep bisa sekolah tu. Tipsnya adl cari aja beasiswa.
Seriua masi maw skolah dokter??? Pikir lagiii.. skrh banyak tuntutan lho.. n lbh mahal biaya masuk ppds drpd masuk s1 nya..
Anonymous said…
Ane fk ugm dg ip 3,5.. n walaupun ada bbrp yg lbh rendah ipnya drpd ane, ane ttp mrasa bego nya luar biasa shr hrs ambil makeup test yg mana bayaaar lg.Disana rata2 ip cumlaude krn emg bagus otaknya. Tp klo yg g prnh masuk y jelas aja jelek..
Anonymous said…
Dek, masuk fk emang keren. Tp jauuuh stlh kmu lulus ntar mikir jg maw kerja dmana n apa trus tuntutannya gmn.. mnding jd insinyur tambang aja deh.. cepet kaya
Anonymous said…
Hi penulis. Memang sebaiknya jadi dokter itu anak orang kaya. Karena kami dari awal kaya, kami tidak mikirin kerja untuk cari uang lagi. Sebab apa-apa sudah disediakan orangtua, kami bisa fokus bantu sembuhkan orang tanpa cari untung karena kami sudah kaya

karena kekayaan dan kenikmatan yang diberikan orang tua kami selama ini, kami jadi selalu merasa sedih melihat orang lain yang ada dalam kesusahan, kami menyadari betapa kami harus bersyukur atas apa yang Allah titipkan, dan membantu pasien kami sebaik dan sejauh yang kami mampu.

Nggak kayak sampean yang cuma bisa sirikin anak orang kaya.
Anonymous said…
0857-7970-4594 ... Tlp aja ... Trims :)
widi said…
saya seorang bunda, yang punya anak pingin jadi dokter, dan kami sederhana... saya cuma bilang... kalau kamu nak bisa masuk FK negeri silahkan, karena menurutku setelah survei melalui google FK negeri tetap lebih murah.... kalau FK swasta wajar mahal karena walau bagaimana merepa cari profit untuk pengembangan universitasnya.....

Anonymous said…
ahk tidak juga calon dokter yg kuliah di fakultas kedokteran di sebuah universitas itu harus orang kaya. saya sendiri berasal dari orang miskin dan akhirnya bisa jadi doktor dokter. dokter ahli penyakit dalam. saya dari kecil hidup susah dan anak yatim dan memang kuliah kedokteran itu banyak biayanya. namun saya sambil kuliah bisnis obat2an herbal termasuk jamu2 dan jual beli burung perkutut. akhirnya sayapun bisa menjadi seorang dokter setalah susah payah cari uang sambil kuliah. lumayan untuk s1 ipk saya adalah 3,4.. , s2 ipk saya adalah 3,5 dan untuk s3 ipk saya adalah 2,5. yg s1 s2 kul di LN dg beasiswa penuh sampai lulus dari negara yg bersangkutan. bagi para mahasiswi yg butuh bantuan biaya untuk kuliah silahkan kirimkan permohonannya ke alamat email viva_aku@mail.com tanpa agunan. maklum udah sukses dari hidup susah yah itung2 bantu2 kawan yg masih pada kuliahlah.
Unknown said…
Asalamualaikum kak mau nanya kok biayanya bisa beda" gtu ??
ada yg biaya smpe ratusan jta itu tergantung apa ya ?? Klo yg biaya per smstr skitar 3 jta itu msh ada tmbhan biaya" lain/ udh termasuk biaya" tmbhn lain ?? Apa fk ugm hrus dr lulusan SMA IPA ??
Mksih kak :)
Anonymous said…
Tidak bisa dipungkiri bahwa pasti ada oknum2 dari setiap fakultas (Termasuk FK) yang attitude nya jelek.... Tapi artikel di atas sangat melebih-lebihkan. Memangnya kalau berasal dari keluarga mampu, otomatis jadi berlagak angkuh?? Memangnya kalau berasal dari keluarga kurang mampu, lantas jadi manusia yang bermoral sangat baik?? PEMIKIRAN ALA SINETRON ITU..... Biaya FK mahal, itu wajar. Apa cuma orang kaya yg bisa masuk FK? Tentu saja tidak.... Itu artikel kesannya penulisnya iri sama civitas FK.... Untuk kalian2 yang ingin masuk FK, jangan jadi ragu karena artikel ini!
Unknown said…
FK Unisba yg akrednya dah B,hanya abis 250 jutaan ketika masuk; demikian kata sdr saya yg masuk th 2015
Heartify said…
Ka boleh nanya masuk maranatha lewat usm? Terus biaya sumbangan sukarela untuk fk biasanya berapa,thx.
Unknown said…
bila dilihat sekilas dari rincian biaya, memang terkesan fakultas kedokteran hanya untuk kalangan menengah ke atas, namun saya yakin semua ada jalan, seperti yang disebutkan di komentar komentar di atas, banyak jalan yang bisa ditemukan untuk mengatasi masalah ekonomi, jangan pupus harapan, pasti ada jalan.
Anonymous said…
wow, cuma gara-gara wadah sambal saja sudah bisa menggeneralisir suatu profesi.
gumuruhsspj said…
UJIAN SERTIFIKASI KOMPUTER BANTU KERJA


http://fgroupindonesia.com/pelayanan/ujian-sertifikasi
https://youtu.be/-SQTKyNtiAk

Deskripsi:
Dalam dunia kerja setiap orang dituntut untuk memiliki keahlian yang pantas dan sesuai bagi suatu perusahaan. Dalam prosesnya setiap calon pekerja hendaknya mempersiapkan berbagai macam keahlian dengan target timing yang telah diperkirakan. Sehingga pada saat pembukaan pendaftaran lowongan kerja, baik itu secara massal (job fair), expo, maupun non-masal kesempatan untuk apply kerja dapat dengan segera terpenuhi secara langsung.
Kompetensi masing-masing calon pekerja menunjukkan kadar kemampuan yang akan menentukan suatu posisi dalam jenjang karir produktif.

Untuk itu, dalam memenuhi keadaan tersebut, telah tersedia Ujian Sertifikasi Aplikasi Perkantoran yang membantu anda dalam :

1) Bukti memiliki keterampilan skills komputer
2) Proses aplikasi penerimaan lowongan kerja
3) Hemat waktu dan ongkos total
4) Ujian Sertifikasi Online (akses dari berbagai lokasi)
5) Hasil Ujian Sertifkasi sehari sesudah dapat diambil

Beberapa pilihan materi Ujian Sertifikasi yang telah terdata hingga kini diantaranya:
1) Ms. Office (sepaket dengan Ms. Office, Word, Excel, Power Point dan Windows)
2) Pemprograman Java, VB.NET, dan Database Mysql
3) Desain Web (Php, CSS based)
4) Desain Grafis (Coreldraw, Photoshop)

Prasyarat:
a. Mendaftar sebelum penentuan jadwal pelaksanaan.
b. Memilih metode pelaksanaan (online / offline -ditempat).
c. Memilih tipe ujian sertifikasi (lokal -indonesia / internasional -bahasa inggris).
c. Submit foto warna 3x4 (2lbr), 2x3 (2lbr).
d. Melengkapi kelengkapan administrasi diawal

Address:
FGroupIndonesia.com
Jl. Parahyangan no.18,
Komp. panghegar permai I,
Ujung Berung, 40614 Jawa Barat,
Bandung, Indonesia.

Contact:
Astri. SMS.WA 085795569337 / 085721261437
BBM. 7CD59179 / 7DF95683


FB : https://www.facebook.com/fgroupindonesia/
Twitter : http://twitter.com/fgroupindonesia
Google Plus : https://plus.google.com/114414655045459603522/posts
Pernahkah Anda mencari dana, pinjaman, bantuan keuangan atau perlu pemberi pinjaman terakreditasi untuk membantu Anda bertemu dengan kebutuhan dan tuntutan? Apakah Anda ingin sebuah Kredit Investasi untuk bisnis Anda Atau memiliki bank Anda menolaknya? Menghilang pendapatan bulanan Anda karena tingkat bunga yang tinggi pada pinjaman Anda, Kredit atau Obligasi? Maka Anda tidak memiliki alternatif selain mendapatkan layanan instan dan dapat diandalkan. Hubungi kami hari ini melalui eleazardiaz536@gmail.com untuk Legit Kredit / terakreditasi, Hipotek dan dana investasi.
Untuk aplikasi Cepat, Terapkan dengan; Nama Lengkap: Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan: Pinjaman Tujuan: Pinjaman Durasi: Nomor telepon: Alamat / Negara:

Pernahkah Anda mencari dana, pinjaman, bantuan keuangan atau perlu pemberi pinjaman terakreditasi untuk membantu Anda bertemu dengan kebutuhan dan tuntutan? Apakah Anda ingin sebuah Kredit Investasi untuk bisnis Anda Atau memiliki bank Anda menolaknya? Menghilang pendapatan bulanan Anda karena tingkat bunga yang tinggi pada pinjaman Anda, Kredit atau Obligasi? Maka Anda tidak memiliki alternatif selain mendapatkan layanan instan dan dapat diandalkan. Hubungi kami hari ini melalui eleazardiaz536@gmail.com untuk Legit Kredit / terakreditasi, Hipotek dan dana investasi.
Untuk aplikasi Cepat, Terapkan dengan; Nama Lengkap: Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan: Pinjaman Tujuan: Pinjaman Durasi: Nomor telepon: Alamat / Negara:

Unknown said…
Saya lulusan fk uns thn 2010.biaya masuk dulu pertama 900 RIBU.spp persemester 400 RIBU.biaya kuliah terus naik pertahun ajaran.tp y gak nyampe puluhan juta.apalagi ratusan juta.kalo swasta masuk akal.karena mereka yg mendaftar adalah yg tidak keterima di perguruan tinggi negeri.
Unknown said…
Saya lulusan fk uns thn 2010.biaya masuk dulu pertama 900 RIBU.spp persemester 400 RIBU.biaya kuliah terus naik pertahun ajaran.tp y gak nyampe puluhan juta.apalagi ratusan juta.kalo swasta masuk akal.karena mereka yg mendaftar adalah yg tidak keterima di perguruan tinggi negeri.
Unknown said…
Pinjaman kepada entiti undang-undang dan individu. Pinjaman sehingga 500,000 euro. (Vvot.inc@gmail.com) Laman Web: http://vvot.webgarden.com/ Skype: vvot.inckredit
Unknown said…
Fk yarsi gel 2 sudah dibuka
Unknown said…
Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

Informasi Peminjam:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Pinjaman Durasi: ____________
Pinjaman bunga: _____________
Nomor ponsel: ________

Lucysmithloanfirm
(Lucysmithloanfirm@gmail.com)
Mahasiswa FKUI said…
Saya FKUI Internasional dan biaya FKUI diatas salah, baik FKUI Internasional yang uang masuknya adalah 75 juta dan uang semesternya 35 juta apalagi FKUI regulernya yang merupakan FK termurah kedua di Indonesia setelah Unpad.
Mrs Rebecca said…
Selamat Datang di Kantor Rebecca Williams Pinjaman

FORMULIR PINJAMAN PELANGGAN

pelanggan terhormat yang terhormat,

Perusahaan saya bersedia untuk memberikan segala jenis pinjaman pilihan Anda asalkan Anda dapat membayar kembali pulang. suku bunga pinjaman kami adalah fleksibel karena kami memberikan dana pinjaman kami pada tingkat bunga 2%. Kami adalah pemberi pinjaman yang handal dan kami menjamin Anda bahwa jika Anda mengikuti langkah kami demi langkah prosedur Anda akan mendapatkan pinjaman Anda disetujui dan ditransfer ke Anda.

Kami tidak melampirkan biaya tersembunyi untuk program pinjaman kami. Kami memiliki proses karena kita mengikuti sebelum pinjaman Anda dapat disetujui dan ditransfer ke Anda, sehingga kami menyarankan agar Anda mengikuti langkah kami demi langkah prosedur sehingga transaksi pinjaman Anda akan selesai tepat waktu. Pastikan bahwa Anda membalas mail Anda tepat waktu sehingga transaksi pinjaman Anda tidak akan tertunda.

Silahkan mengisi formulir aplikasi pelanggan dan kembali kepada kami jika Anda setuju dengan Ketentuan / Kondisi yang memungkinkan kita memulai proses aplikasi pinjaman Anda.

Di bawah ini adalah formulir permohonan kredit kami, hati-hati mengisi informasi Anda sehingga memungkinkan kita lanjutkan dengan pengolahan dana pinjaman.



             FORMULIR PINJAMAN PELANGGAN



PEMOHON NAMA: -.........................................

ALAMAT TEMPAT TINGGAL:-......................................

KOTA:-............................................... ......

NEGARA:-............................................... .....

KEBANGSAAN:-..............................................

KODE POS:-..........................................

TELEPON:-............................................... .

TANGGAL:-............................................... ......

JUMLAH PINJAMAN DIBUTUHKAN: -....................................

PINJAMAN JANGKA WAKTU: -............................................

TUJUAN PINJAMAN: -..........................................

PENDUDUKAN:-...............................................

Perkawinan STATUS: -...........................................

JUMLAH PENDAPATAN:-............................................

JABATAN:-.............................................. ..

aplikasi pinjaman Anda akan disetujui segera setelah saya selesai dengan semua langkah yang diperlukan yang terlibat.

Salam,

Ibu Rebecca
Unknown said…
Kabar baik untuk semua orang, SUNSHINE PINJAMAN PERUSAHAAN diberikan pinjaman terjangkau untuk pelanggan tanpa agunan untuk Tahun 2017 dengan rencana sukses.

Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, karena kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan pinjaman perusahaan, dan semua jenis suku bunga kredit dari 2%. terburu-buru sekarang dan menjadi bagian dari program ini.
(Sunshineloancompany@gmail.com)

Informasi Peminjam:
Nama Lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jangka Waktu Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan Pinjaman: _____________
Nomor Cell Phone: ________

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui e-mail Sunshineloancompany@gmail.com

(SunshineLoanCompany)
Anonymous said…
Bersyukur dengan keajaiban Dr UGBO membawa kembali istri saya. i telah dipisahkan dengan istri saya sejak 8 bulan sekarang dan kami telah hidup bahagia sebelum kita bertengkar dan dia pergi setelah pria lain. saya terkejut bagaimana ini terjadi saya memutuskan untuk pergi ke mantra kastor yang dapat membantu saya. saya mencari di internet saya melihat beberapa mantra kastor tapi Dr UGBO kesaksian begitu banyak dibandingkan dengan others.i menghubungi email nya: ugboazen01@gmail.com dan setelah saya lakukan ia berjanji bahwa pada Hanya 24 jam pacar saya akan datang kembali dan mulai memohon saya untuk kembali ke dengan saya lagi. Saya pikir saya adalah semua lelucon sampai. ia selesai dengan casting mantra cinta saya dan itu bagaimana ia datang kembali keesokan harinya dan berjanji tidak akan meninggalkan aku kesepian lagi. berkat Dr UGBO untuk work.contact nya indah Email nya: ugboazen01@gmail.com} Ugboazen@outlook.com]

1) Jika Anda ingin kembali mantan Anda.
(2) jika Anda selalu memiliki mimpi buruk.
(3) Anda ingin dipromosikan di kantor Anda.
(4) Anda ingin wanita / pria berjalan setelah Anda.
(5) Jika Anda ingin anak.
(6) Anda ingin menjadi kaya.
(7) Anda ingin mengikat suami / istri menjadi milik Anda selamanya.
karen mark said…
Kabar baik.

Aku Karen Mark, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui perusahaan pinjaman oleh kerajaan Inggris untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank. Tidak memerlukan banyak dokumen. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: karenmarkfinancialloancompany@gmail.com
Kami akan memberikan kami yang terbaik.
Unknown said…
Halo,
Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka tahun baru ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________

silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.
Widya Okta said…
Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.
Unknown said…
kepada pelanggan yang terhormat

Apakah Anda membutuhkan pinjaman fleksibel dan mudah cepat yang sah? Kami menawarkan 2% Diskon, Pinjaman Kredit Usaha semua jenis', Personal Loan, Kredit Pertanian atau pembiayaan Proyek" Kami menawarkan pinjaman kepada individu, Pegawai Negeri Sipil / Umum, perusahaan di seluruh dunia. Konsolidasi Utang, meskipun Anda memiliki skor kredit yang rendah dan sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal atau lembaga keuangan? Memiliki masalah dengan bank Anda, atau insitution keuangan lainnya? Kami juga membuat pinjaman kepada personil pengangguran, yang ingin startup bisnis di sana sendiri.
Kami menawarkan pinjaman bebas stres, fleksibel dan mudah. kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu. Email Anda sekaligus, kami menjamin direclty dalam 24 jam pengobatan.
Terapkan sekarang dan mendapatkan uang tunai Anda segera.

Hubungi kami melalui email: HalimaJamiuloancompany@gmail.com;
Facebook: Facebook.HalimaJamiuLoanCompany
Bbm: 2AD353A2
Syarat fleksibel dan Ketentuan
Anonymous said…
Ka saya pelajar SMK jurusan teknik komputer jaringan. Mau tanya nihh,, sebenernya dari dulu saya udah minat FK tapi saya pikir2 lagi takutnya orang tua saya gak kuat biayanya gimana.. nah terus saya milih SMK nih.. kira2 mungkin gak sih saya masuk FK universitas negeri???
Terima kasih
Sulis Susanti said…
Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman
Unknown said…
Saya mahu semua orang untuk membaca mesej ini dengan teliti. Saya amat gembira untuk membuat kesaksian bagaimana saya mendapat pinjaman saya pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan pemiutang internet palsu di laman web tertentu, saya telah digunakan di beberapa syarikat pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah bertanya kepada saya untuk pembayaran dan selepas pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman daripada mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari England dan juga India. Saya dalam kesakitan kerana hutang saya, dan saya dibayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya hutang lebih besar. Saya gembira apabila rakan saya memberitahu saya bahawa dia mendapat pinjaman daripada internet, dia adalah orang yang memberitahu tentang Nicole Morgan daripada LOAN FIRM NICOLE MORGAN, dan saya memohon untuk pinjaman sebanyak 800 juta, saya mengikuti semua prosedur, Saya berfikir bahawa saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tetapi saya amat gembira apabila pinjaman saya diluluskan dan dihantar terus ke dalam akaun bank saya dalam masa 2 hari menyapu. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya mendapat kewangan yang stabil kerana saya menulis mesej ini. Jadi jika mana-mana anda berada di sini untuk memohon pinjaman, anda perlu menghubungi Nicole Morgan di e-mel beliau, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman pinjaman sebenar, yang lain adalah palsu. Hanya ikut semua prosedur dalam Nicole Morgan dan saya memberi jaminan kepada anda bahawa anda akan mendapat pinjaman, bijak supaya anda tidak akan kehilangan wang seperti saya, hubungan ibu Nicole Morgan jika anda benar-benar memerlukan pinjaman nicolemorganloan@gmail.com
hubungi saya dan juga supaya saya boleh memberi maklumat lanjut dan guardiance hadijaboften2@gmail.com
Terima kasih.
Anonymous said…
Anjing kontol ... kenapa komen terakhirnya rata2 jadi kayak sales.
Nawarin pinjaman ... dasar kentut .. hacker kontol ... babi .. tai .. anjing ... bangsaaaattttt
Lady Mia said…
KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.
Anonymous said…
KABAR BAIK ! KABAR BAIK !! KABAR BAIK!!
nama saya ahmad dari Jarkata, karena Raja Saudi Salman tiba di Indonesia pada escalato emas, bersama dengan 506 ton bagasi, dua limusin dan 1.000 staf, AASIMAHA Adila PINJAMAN PERUSAHAAN memiliki harus membantu indonesia dengan pinjaman besar saya ingin bersaksi bekerja dengan baik dari allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Indonesia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di blogger pinjaman internet. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 5-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka untuk menyatakan investasi real estat saya. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh pemberi pinjaman palsu yang menempatkan saya dalam utang di Februari 2017, suatu malam saya melihat sebuah iklan berita bisnis di telivison berbicara tentang sebuah perusahaan pinjaman ARAB SAUDI yang membantu orang untuk investasi dan pinjaman utang pada tingkat rendah dari 1% perusahaan pinjaman handal yang AASIMAHA ADILA AHMED pINJAMAN. i diterapkan aku pinjaman saya Rp960,000,000 dari AASIMAHA Adila sangat mudah dan cepat dalam pengiriman dalam waktu 4 jam yang saya diterapkan, jika Anda ingin kontak pinjaman nyata perusahaan pinjaman muslim yang membantu para janda dan orang lain dalam kebutuhan AASIMAHA Adila PINJAMAN. menghubungi mereka melalui e-mail .. (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (musaahmed081@gmail.com) jika Anda menemukan kesulitan atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman. mungkin allah memberkati saudi arabia perusahaan ibu muslim yang membuat orang bahagia dan semua orang di daerah saya yang berlaku sekarang, banyak mendapat pinjaman dari ibu saudi hari ini, jangan lewatkan kesempatan raja saudi telah mengatakan kepada semua perusahaan pinjaman di arab untuk membantu Indonesia warga dengan pinjaman untuk meningkatkan standar hidup di indonesia
Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.
Unknown said…
Halo,
Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak atau Anda memerlukan uang untuk membayar hutang, membeli peralatan dan menyelesaikan kesulitan keuangan ,? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Jangan khawatir lagi karena di sini ada perusahaan pinjaman yang sah yang dikenal dengan pinjaman ELIZABETH CHRISTOPHER dimana pinjaman dibuat mudah bagi individu dan badan hukum yang memenuhi syarat dengan tingkat bunga 2% saja,
Hubungi kami hari ini via email: elizabethchristopherloan@gmail.com
DATA PEMOHON
1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Negara:
5) Jenis Kelamin:
6) Status Perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi saat bekerja:
10) Pendapatan bulanan:
11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Tujuan Pinjaman:
14) Agama:
15) Sudahkah kamu melamar dulu?
16) Apakah Anda berbicara bahasa Inggris:
17) Tanggal lahir:
Nyonya Elizabeth.
Perusahaan pinjaman Elizabeth
Email: elizabethchristopherloan@gmail.com
Terima kasih,
yusi retnowati said…
Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang disini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditur pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam prosesnya karena saya ditangkap oleh orang-orang karena berhutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) Kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark

Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa kesulitan untuk mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati
Lady Jane said…
Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..
Mia fitriani said…
Saya Mia Fitriani seorang warga negara Indonesia. Saya telah scammed oleh 4 kreditur internasional yang berbeda di internet, semua berjanji untuk memberi saya pinjaman, saya kehilangan uang hasil jerih payah saya. Suatu hari, saat browsing melalui internet tidak berdaya, saya menemukan kesaksian seorang wanita bernama INDRIATY MANIRJO, yang juga dibodohi oleh kreditur pinjaman palsu, namun akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman legit bernama MAGRET SPENCER LOAN COMPANY dimana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya. , Jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya telah dibodohi oleh 4 kreditur yang berbeda.

Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya untuk memberi saya pinjaman kepada perusahaan tersebut dan juga mengatakan kepada saya bahwa telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan semua permintaan dari saya dan kepada Tuhan menjadi kemuliaan saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp50.000.000 dari perusahaan besar ini (magretspencerloancompany@gmail.com),

Dikelola oleh Nyonya Magret Spencer, jadi saya sangat senang hari ini karena MAGRET SPENCER LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya.

Jadi saya berkata pada diri sendiri bahwa saya akan membagikan karya bagus dari Mrs. MAGRET SPENCER. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi perusahaan Email di atas dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dengan 24 jam dan ini adalah Email saya {miafitriani133@gmail.com}.
Unknown said…
APAKAH ANDA DALAM HUTANG APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN UNTUK MEMBAYAR BILLS

Erickhoffmannloan@outlook.com Bisa menawarkan pinjaman cepat
Unknown said…
Apakah kamu berhutang Apakah Anda perlu mengumpulkan uang untuk biaya perawatan kesehatan atau membayar
Hutang atau dalam keadaan rusak keuangan?
ERIC HOFFMANN LOAN FIRM
Ada disini untuk membantu anda
1: Pinjaman usaha
2: pinjaman sekolah
3: Konsolidasi Utang
4: pembayaran sewa rumah
5: penghiburan mati
DLL,
Hubungi Kami Hari Ini:




Erickhoffmannloan@outlook.com

TERIMA KASIH
Unknown said…
Apakah kamu berhutang Apakah Anda perlu mengumpulkan uang untuk biaya perawatan kesehatan atau membayar
Hutang atau dalam keadaan rusak keuangan?
ERIC HOFFMANN LOAN FIRM
Ada disini untuk membantu anda
1: Pinjaman usaha
2: pinjaman sekolah
3: Konsolidasi Utang
4: pembayaran sewa rumah
5: penghiburan mati
DLL,
Hubungi Kami Hari Ini:




Erickhoffmannloan@outlook.com

TERIMA KASIH
Unknown said…
APAKAH ANDA DALAM HUTANG APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN UNTUK MEMBAYAR BILLS

Erickhoffmannloan@outlook.com Bisa menawarkan pinjaman cepat
Widya Okta said…
Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.
Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.
widaya said…
Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIA. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati
nicole alex said…
Apakah Anda mencari investasi dan pinjaman pribadi? Cari tidak lebih karena Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Perusahaan pinjaman perusahaan pembiayaan global memberikan pinjaman kepada perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2%, silakan hubungi kami via e-mail via: (nicolealex8n@gmail.com)

APLIKASI DATA

1) Nama:
2) Negara:
3) Alamat
4) Negara:
5) Jenis Kelamin:
6) Status perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi sekarang di tempat kerja:
10) Pendapatan bulanan:
11) jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
12) Durasi pinjaman:
13) Tujuan pinjaman:
14) Agama:
15) Sudahkah anda melamar sebelum:
16) Tanggal Lahir:
Terima kasih.
Lady Mia said…
KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.
NAFASAT QABEEL said…
MENDAPATKAN HASIL DALAM WAKTU SATU JAM UNTUK SEMUA JENIS EMAIL HACK ...
Halo semuanya, apakah Anda membutuhkan layanan hacking?
Kemudian hubungi> NOBLEHACKER284@GMAIL.COM untuk layanan hacking terbaik.
Diperingatkan, kebanyakan dari hacker yang disebut ini adalah penipu,
Saya tahu bagaimana sebenarnya hacker bekerja, mereka tidak pernah mengiklankan diri mereka sedemikian rupa sehingga mereka selalu diskrit.
Saya telah berkali-kali melakukan scammed karena putus asa untuk mencari bantuan mendesak untuk mengubah nilai sekolah saya,
Akhirnya teman saya mengenalkan saya pada sekelompok hacker handal yang bekerja dengan penuh kebijaksanaan dan segera memberikannya,
Mereka melakukan segala macam hacking mulai dari;
-Mengamankan situs pribadi / perusahaan
-Sales of Blank kartu ATM.
-Games hacking
-hack ke akun email dan telusuri lokasi email
- Semua akun media sosial,
- Database sekolah untuk menghapus atau mengubah nilai,
-Retrieval file / dokumen yang hilang
**** kartu iTune kode hack
-DUIs
Catatan dan sistem perusahaan,
-Bank account, account Paypal, Bitcoin dan Onecoin account.
Kartu kredit hack
-Kredit skor hack
-Monitor setiap telepon dan alamat email
-hack alamat IP
+ Ketuk panggilan orang lain dan pantau percakapan mereka.
    Dengan menyewa layanan mereka, Anda akan mendapatkan garansi 30 hari gratis. Itu berarti
Bahwa jika beberapa password diubah dalam kerangka waktu ini sejak saat anda
Menerimanya, mereka akan mendapatkannya lagi secara gratis.
     *** KONTAK> NOBLEHACKER284@GMAIL.COM
merit hope said…
(MERIT HOPE LOAN COMPANY)
 
Halo Ibu, semoga harapan, pinjaman yang sah dan dapat diandalkan untuk pinjaman
Dalam syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dimengerti dengan suku bunga 2%. dari
USD $ 12.000 sampai $ 8.000.000, euro dan pound saja. Saya memberikan pinjaman usaha,
Pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, pinjaman mobil dan pinjaman untuk membayar tagihan. jika kamu
Butuh loana2
   Yang harus Anda lakukan adalah agar Anda menghubungi saya secara langsung
Di: (merithope6@gmail.com)
Tuhan memberkati Anda.
Hormat kami,
Nyonya: merit Hope
Email: (merithope6@gmail.com)

Catatan: Semua tanggapan harus dikirim ke: (merithope6@gmail.com)
merit hope said…
(MERIT HOPE LOAN COMPANY)
 
Halo Ibu, semoga harapan, pinjaman yang sah dan dapat diandalkan untuk pinjaman
Dalam syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dimengerti dengan suku bunga 2%. dari
USD $ 12.000 sampai $ 8.000.000, euro dan pound saja. Saya memberikan pinjaman usaha,
Pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, pinjaman mobil dan pinjaman untuk membayar tagihan. jika kamu
Butuh loana2
   Yang harus Anda lakukan adalah agar Anda menghubungi saya secara langsung
Di: (merithope6@gmail.com)
Tuhan memberkati Anda.
Hormat kami,
Nyonya: merit Hope
Email: (merithope6@gmail.com)

Catatan: Semua tanggapan harus dikirim ke: (merithope6@gmail.com)
merit hope said…
(MERIT HOPE LOAN COMPANY)
 
Halo Ibu, semoga harapan, pinjaman yang sah dan dapat diandalkan untuk pinjaman
Dalam syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dimengerti dengan suku bunga 2%. dari
USD $ 12.000 sampai $ 8.000.000, euro dan pound saja. Saya memberikan pinjaman usaha,
Pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, pinjaman mobil dan pinjaman untuk membayar tagihan. jika kamu
Butuh loana2
   Yang harus Anda lakukan adalah agar Anda menghubungi saya secara langsung
Di: (merithope6@gmail.com)
Tuhan memberkati Anda.
Hormat kami,
Nyonya: merit Hope
Email: (merithope6@gmail.com)

Catatan: Semua tanggapan harus dikirim ke: (merithope6@gmail.com)
Sulis Susanti said…
Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman
Unknown said…
Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.
 
Poin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.
 
Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan tidak ada biaya pinjaman, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.com
Susan bowman said…
KABAR BAIK! KABAR BAIK!

Untuk mengenalkan diri dengan benar,
Ibu saya SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

Saya adalah pemberi pinjaman swasta, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:
Susanbowmanloancompany@gmail.com
Unknown said…
Penawaran Pinjaman Terjangkau (Jessicarojasloanfirm1998@hotmail.com)
Apakah Anda Membutuhkan Pinjaman Bisnis, Atau Pinjaman Pribadi, dengan tingkat bunga rendah 2% Jika Ya?

Nama:
Jumlah:
Negara:
Nama situs:
Durasi Pinjaman:
Telepon Genggam:
Pelamar yang berminat harus menghubungi kami melalui email: (Jessicarojasloanfirm1998@hotmail.com)
Penawaran Pinjaman Terjangkau (Jessicarojasloanfirm1998@hotmail.com)

Salam

Nyonya Jessica Rojas
Unknown said…
Salam pembuka!
Nama saya Dewi Rumapea, saya dari kota SEMARANG, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua dalam kelompok ini mencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. beberapa bulan yang lalu, aku finansial turun dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Malaysia dan saya tertipu oleh orang di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal dan asli disebut Ibu Glory, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp500,000,000 tanpa stres pada tingkat bunga 2% yang merupakan terjangkau tingkat bunga untuk saya.

setelah transfer kredit saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah mentransfer langsung ke rekening saya dengan Ibu Glory tanpa penundaan. Karena saya berjanji ibu bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email:gloryloanfirm@gmail.com

Saya menggunakan waktu ini untuk menginformasikan semua yang anda juga dapat menghubungi saya di email saya: dewiputeri9@gmail.com dan Nur Izzatul Azira Ismail, dari Malaysia yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Glory, Anda dapat juga menghubungi dia melalui email:utariwirmayaty@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Catatan: Tidak ada biaya pendaftaran, asuransi atau biaya pajak

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa karena menggunakan Ibu Glory untuk mengubah cerita keuangan saya dan sekarang saya adalah pemilik bisnis saya yang bangga, semoga Allah terus memberkati Ibu Glory dan terus menggunakannya untuk membantu kita semua dalam kesulitan keuangan.

Sulis Susanti said…
Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman
Dr Robert West said…
Salam!
Saya adalah Dr Robert West, pemberi pinjaman pinjaman swasta dan pengarah urusan firma pilihan Westrade, sebuah firma berdaftar dan firma kewangan yang diiktiraf dengan laman web rasmi syarikat yang diluluskan di mana kami menawarkan pinjaman peluang masa untuk individu dan organisasi korporat di seluruh dunia. kami adalah organisasi pinjaman pinjaman kewangan yang terkenal di dunia dengan pensijilan perkhidmatan kewangan, berdaftar dan diiktiraf di seluruh dunia, di firma kewangan Opsyen Westrade, kami menyediakan pinjaman kepada mana-mana jenis kepada individu dan badan korporat di mana-mana bahagian dunia dengan mekanisme pemberian pinjaman sistem dalam talian kami di minat yang sangat berpatutan 2% hubungi kami hari ini. Saya ingin menggunakan medium ini untuk memaklumkan kepada kami bahawa kami memberikan bantuan yang boleh dipercayai dan benefisiari dan bersedia menawarkan pinjaman kepada anda.
hubungi kami hari ini melalui
E-mel: robertwestradefinancefirm@gmail.com
semua yang kami perlukan adalah maklumat anda dalam format di bawah
 
BUTIRAN PEMOHON
1) Nama Penuh:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Jantina:
5) Status Perkahwinan:
6) Pekerjaan:
7) Nombor Telefon:
8) Kedudukan semasa di tempat kerja:
9) Pendapatan bulanan:
10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
11) Tempoh Pinjaman:
12) Tujuan Pinjaman:
13) Agama:
14) Pernahkah anda memohon sebelum:
15) Nama Facebook:
16) Nombor Whatsapp:
17) Nama Pengguna Instagram:
18) Adakah anda bercakap Bahasa Inggeris:
19) Tarikh lahir:

Apabila anda memohon dengan kami, anda memohon dengan syarikat yang dipercayai yang mengambil berat tentang keperluan kewangan anda. Kami akan menjaga anda melalui keseluruhan proses
Kami akan sentiasa melakukan yang terbaik untuk menentukan apa yang anda selesaikan untuk membayar balik dengan mengambil kira keadaan kewangan Peribadi semasa anda dan kemudian menetapkan jumlah pinjaman anda dengan sewajarnya. hubungi saya melalui
E-mel: robertwestradefinancefirm@gmail.com

Salam
Dr Robert West
Unknown said…
KABAR BAIK

Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk memulai?
Saya adalah direktur Nadira Muhammad Loans Limited,
Layanan pinjaman Nadira Muhammad adalah lisensi kredit investasi legal yang kami tawarkan
Pinjaman kepada Individu dan bisnis dan menyediakan
Layanan dan investasi yang dapat diandalkan untuk berbagai tingkat pelanggan / kandidat
Dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%, dengan jumlah minimum pinjaman dari
(3000 $ / € / Rp) untuk jumlah pinjaman maksimum ($ 700 miliar $ / € / Rp) dengan
Jangka waktu 1 tahun sampai 25 tahun. Hubungi kami oleh perusahaan
E-mail di: Nadiramuhammadloancompany@gmail.com

Misi perusahaan ini adalah untuk menyediakan perorangan dan perusahaan
Organisasi swadaya
Memenuhi kebutuhan, harapan dan membantu meningkatkan jiwa kita
Dan komunitas mereka. Butuh pinjaman prom ?? Sekitar
48 jam layanan penuh bagi pelanggan kami.

Saya berharap untuk meminta Anda sesegera mungkin untuk memulai
Segera, kami siap melayani anda
Temukan pinjaman yang berminat untuk mengisi formulir aplikasi dibawah gaji
Anonymous said…
Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada mereka yang membutuhkan bantuan keuangan segera, dan mereka yang telah ditolak mendapat kredit dari bank karena rendahnya skor kredit, pinjaman usaha, Pinjaman Pendidikan, pinjaman mobil, pinjaman rumah, pinjaman Perusahaan (dll), atau untuk membayar hutang atau tagihan buruk mereka, atau siapa yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, Perusahaan Pinjaman yang dapat diandalkan . Elia memberikan pinjaman dengan tingkat bunga sangat rendah sebesar 2% telah mengakhiri semua masalah keuangan Anda untuk sekali dan selamanya, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: bishopelijahloanfirm002@hotmail.com
nomor whatsapp: +2349035555247
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Susan bowman said…
KABAR BAIK! KABAR BAIK!

Untuk mengenalkan diri dengan benar,
Ibu saya SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

Saya adalah pemberi pinjaman swasta, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

Susanbowmanloancompany@gmail.com
Unknown said…
Selamat siang

Saya datang dengan sangat hormat kepada Anda, untuk menawarkan kesaksian saya tentang bagaimana saya dengan aman menerima pinjaman saya sebesar 250.000.000,00 Rupiah dari perusahaan pinjaman Nyonya Jessica Rojas, dia sangat mengkhususkan diri dalam memberikan pinjaman kepada orang serius yang ingin mendapatkan pinjaman pribadi untuk bisnis atau untuk direalisasikan. mimpi mereka

saudara laki-laki dan perempuan saya adalah wanita yang sangat bahagia sekarang tolong bantu saya bersyukur kepada Tuhan yang maha kuasa dan terima kasih kepada Ibu Jessica Rojas saya sangat menghargai pinjaman yang Anda berikan kepada saya dan semoga Tuhan terus mempromosikan dan memberkati Anda karena Anda tidak akan pernah kekurangan apapun dalam nama Yesus Amin

SILAHKAN HUBUNGI SECARA LANGSUNG PADA PERUSAHAAN MAIL: (Jessicarojasloanfirm1998@hotmail.com)


Jangan ragu dengan menghubungi perusahaan pinjaman Nyonya Jessica Rojas sekarang.

Salam

Ibu Ramadhan Madinatul.

Terima kasih
Unknown said…
Mencari pinjaman usaha, pinjaman pribadi, perumahan, pinjaman mahasiswa pinjaman mobil, pinjaman konsolidasi, pinjaman tanpa jaminan modal ventura; Dll Atau menolak pinjaman dari bank atau menangani satu atau lebih alasan keuangan. Hal ini lebih mungkin Anda mempercayai Solusi ini! Dan pemberi pinjaman gembala swasta meminjamkan perusahaan dan individu pada tingkat rendah dan terjangkau sebesar 2%. Apakah kamu tertarik? Kontak setelah mengkonversi pinjaman dalam waktu 48 jam. HUBUNGI KAMI (Jessicarojasloanfirm1998@hotmail.com)

Nyonya Jessica Rojas
Unknown said…
Mencari pinjaman usaha, pinjaman pribadi, perumahan, pinjaman mahasiswa pinjaman mobil, pinjaman konsolidasi, pinjaman tanpa jaminan modal ventura; Dll Atau menolak pinjaman dari bank atau menangani satu atau lebih alasan keuangan. Hal ini lebih mungkin Anda mempercayai Solusi ini! Dan pemberi pinjaman gembala swasta meminjamkan perusahaan dan individu pada tingkat rendah dan terjangkau sebesar 2%. Apakah kamu tertarik? Kontak setelah mengkonversi pinjaman dalam waktu 48 jam. HUBUNGI KAMI (Jessicarojasloanfirm1998@hotmail.com)

Nyonya Jessica Rojas
Unknown said…
Halo,
Ini adalah untuk memberitahu orang ramai bahawa Mrs.ESTHER ADAM, pemberi pinjaman swasta telah membuka peluang kewangan untuk semua orang yang memerlukan apa-apa bantuan kewangan, Kami menawarkan semua jenis pinjaman dengan cepat dan mudah, peribadi pinjaman, kereta pinjaman, rumah pinjaman, Pinjaman pelajar, pinjaman komersial, pelaburan pinjaman, hutang penyatuan dan banyak lagi.Adakah anda ditolak oleh bank dan lain-lain kewangan agensi? Lihatlah lagi, kerana kami berada di sini untuk semua masalah kewangan anda, Kami memberi pinjaman pada kadar faedah 2% kepada individu, Syarikat dan syarikat dalam cara yang jelas dan mudah difahami, terma dan syarat, Tiada kredit cek diperlukan, dijamin 100%. Hubungi kami hari ini dan anda akan senang melakukannya kerana kami berada di sini untuk menyelesaikan semua masalah kewangan anda.
Hantarkan e-mel kepada kami: (estheradamloanfirm@gmail.com) untuk memohon.
Unknown said…
Saya adalah pemberi pinjaman pribadi pribadi yang sah, kami menawarkan dana hingga 100% untuk berbagai jenis pinjaman seperti pinjaman komersial, pinjaman usaha, pinjaman hipotek, hutang Debt Financing atau Bridge & Construction worldwide! Kami mendanai proyek Energi, Teknologi, Pertambangan, Real Estat dan Bisnis Pembiayaan Real Estat, Pinjaman Uang Sulit, Pembiayaan Ekuitas & Utang, Pembiayaan Jembatan & Konstruksi dengan suku bunga 2%. Kekuatan kami adalah Syndicancing Deals in Investment.
 
Kami juga menyambut BROKER, karena kami membayar komisi kepada broker, yang memperkenalkan pemilik proyek untuk keuangan atau peluang lainnya. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi kami.
 
Jika ya, silakan kirimkan ringkasan dari apa yang Anda cari sebagai pinjaman dengan alamat email langsung Anda ke email saya:

Alamat Email: Jessicarojasloanfirm1998@hotmail.com
Salam Hormat

-
Nyonya Jessica Rojas
Petugas pinjaman

Ibu Jessica Private Lending
9541 Jalan Sw Inez
Tigard, Oregon 97224
nomor whatsapp: +2349079785567
Email: Jessicarojasloanfirm1998@hotmail.com
.
Unknown said…
Saya adalah pemberi pinjaman pribadi pribadi yang sah, kami menawarkan dana hingga 100% untuk berbagai jenis pinjaman seperti pinjaman komersial, pinjaman usaha, pinjaman hipotek, hutang Debt Financing atau Bridge & Construction worldwide! Kami mendanai proyek Energi, Teknologi, Pertambangan, Real Estat dan Bisnis Pembiayaan Real Estat, Pinjaman Uang Sulit, Pembiayaan Ekuitas & Utang, Pembiayaan Jembatan & Konstruksi dengan suku bunga 2%. Kekuatan kami adalah Syndicancing Deals in Investment.
 
Kami juga menyambut BROKER, karena kami membayar komisi kepada broker, yang memperkenalkan pemilik proyek untuk keuangan atau peluang lainnya. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi kami.
 
Jika ya, silakan kirimkan ringkasan dari apa yang Anda cari sebagai pinjaman dengan alamat email langsung Anda ke email saya:

Alamat Email: Jessicarojasloanfirm1998@hotmail.com
Salam Hormat

-
Nyonya Jessica Rojas
Petugas pinjaman

Ibu Jessica Private Lending
9541 Jalan Sw Inez
Tigard, Oregon 97224
nomor whatsapp: +2349079785567
Email: Jessicarojasloanfirm1998@hotmail.com
..
Anonymous said…
Halo,
Nama saya adalah Puan Regina Gomez, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang menawarkan pinjaman kepada 100% peluang kewangan masa hidup dan dipercayai.

* Adakah anda mempunyai kewangan yang tidak baik?
* Adakah mencari pelaburan atau pinjaman peribadi?
* Adakah anda memerlukan wang untuk membayar bil & hutang?
* Adakah anda memerlukan pinjaman perniagaan?

Cari tiada lagi. REGINA FINANCE di sini untuk diletakkan
senyum kewangan di wajah anda, Hubungi kami
melalui e-mel di: (reginafinance90@gmail.com).
Kami menawarkan semua jenis pinjaman termasuk

- Pinjaman Perniagaan
-Minjaman Gadai Janji
-Pinjaman Peribadi
-Pinjaman pelajar
pada kadar faedah yang tinggi. Modal kami dijamin dan selamat, kebahagiaan pelanggan kami adalah kekuatan kami, kami adalah syarikat pinjaman yang bereputasi, sah dan terakreditasi. Kami memberi pinjaman kepada individu dan syarikat yang memerlukan bantuan wang tunai.
Hubungi kami melalui e-mel di: (reginafinance90@gmail.com).
Susan bowman said…
KABAR BAIK! KABAR BAIK!

Untuk mengenalkan diri dengan benar,
Ibu saya SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

Saya adalah pemberi pinjaman swasta, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:
Susanbowmanloancompany@gmail.com
Lady Jane said…
kabar baik!!!!

Hello All, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu. dan fraudstars banyak kreditor kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang nyata dan nyata,

Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih mendapatkan pinjaman saya.

Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dikeluarkan tanpa meminjam dari perusahaan mereka, saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya. yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar Rp400.000.000 dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak peduli berapa umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin menyarankan agar setiap orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com
Dan Anda bisa mengikuti Mr dangote on instagram untuk lebih jelasnya di dangoteloancompany
Annisa Ahmad said…
Halo

Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda membutuhkan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} adalah Disini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga memberikan 100% penawaran untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, kepada orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, pengangkut, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi atas apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga bisa menghubungi kami dengan cara BBM pin (DB5121C1) kejujuran kepercayaan dalam pelayanan kami
Assalamu`alaikum wr wb,
Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.
Kabar baik! Kabar baik!! Kabar baik!!!

World Finance Corporation dapat memberi Anda dana pinjaman yang Anda butuhkan dengan cepat dalam langkah yang sangat cepat dan mudah. Menerapkan dana pinjaman di World Finance Corporation sangat mudah, kami dalam usaha membantu orang dan industri seperti Anda, Dengan World Finance Corporation, Anda tidak memerlukan kredit sempurna untuk mendapatkan pinjaman pribadi atau pinjaman apa pun. Untuk memulai prosesnya, mulailah aplikasi online Anda atau hubungi World Finance Corporation di cabang terdekat yang dekat dengan Anda atau melalui online. Associate kami yang ramah akan bekerja sama dengan Anda dan meluangkan waktu untuk memahami kebutuhan dan situasi Anda. World Finance Corporation telah membantu orang mewujudkan tujuan keuangan mereka dengan menawarkan solusi tingkat suku bunga dan pinjaman tetap. Bila Anda perlu meminjam uang, World Finance Corporation ada di sini sebagai tetangga dan perusahaan finansial yang dapat Anda andalkan dan percaya. Sejak tahun 1962, kami telah berkomitmen untuk membantu individu dan industri berkembang dan berkembang dengan mendukung kebutuhan finansial mereka. Bersama kami, Anda mendapatkan kekuatan finansial untuk mengatasi krisis keuangan Anda. World Finance Corporation adalah model layanan keuangan yang menggunakan pasar online untuk membantu kreditur dan peminjam berkumpul dan peminjam dapat memperoleh keuntungan dari tingkat suku bunga yang lebih rendah dan akses dana yang lebih cepat. kami menawarkan jenis pinjaman kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman fleksibel di seluruh alam semesta, Menerapkan pinjaman ini sederhana, dan aplikasi umumnya diproses dengan cepat. Selanjutnya, pinjaman ini biasanya menawarkan suku bunga yang sangat rendah, dan Anda dapat menggunakan dana tersebut untuk berbagai alasan bahkan jika Anda akan menggunakan dana tersebut untuk memulai bisnis yang hebat, dan masih banyak lagi. siapa pun yang membutuhkan pinjaman dapat menghubungi kami melalui kontak kami dan Anda akan mendapatkan keuntungan sendiri yang saat ini sedang terjadi di World Finance Corporation.
Hubungi kami via:
BBM: (DB579F42)
Email: (worldfinancecorporation1@gmail.com)
APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN YANG DIMINTA SEGERA DITERIMA SEKARANG

Selamat datang di ANTHONY YULIANA LENDERS, kami dibentuk untuk membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan, seperti bantuan keuangan. Jadi jika Anda mengalami kesulitan keuangan atau mengalami kekacauan finansial, Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri atau Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi hutang Anda atau melunasi tagihan Anda, memulai bisnis yang bagus, atau Anda mencarinya. sulit memperoleh pinjaman modal dari bank lokal, kami menawarkan pinjaman hanya dengan suku bunga 1% menghubungi kami hari ini melalui email: (anthony.yulianalenders@gmail.com)
Unknown said…
Penawaran Pinjaman Terjangkau (Jessicarojasloanfirm1998@hotmail.com)
Apakah Anda Membutuhkan Pinjaman Bisnis, Atau Pinjaman Pribadi, dengan tingkat bunga rendah 2% Jika Ya?
Nama:
Negara:
Jumlah:
Durasi Pinjaman:
Telepon genggam:
charity white said…
Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.
Unknown said…
assalamualaikum.. Buat kakak anonymous yang berkuliah di kedokteran universite piere et marie curie faculte, boleh kah saya minta contactnya ka untuk bertanya lebih lanjut. Dimohon sekali, untuk kelanjutan study, karna banyak yang ingit ditanyakan sedangkam informasi yg di peroleh amat sangat minim tentang kedokteran disana. Terimakasih
CARLOS SOPHIA said…
HI SEMUA ORANG ANDA MENCARI HACKER GENUINE DAN PROFESIONAL KEMUDIAN, HUBUNGI SOLUTIONHACKERS95@GMAIL.COM
Mereka adalah grup hacking profesional yang berbasis di U S A, TURKEY, INDIAN AND EROPA, Mereka adalah peretas terbaik dan pengembang perangkat lunak untuk menembus semua situs web, semua hacker lainnya menghubungi mereka untuk Perangkat Lunak Algoritma terbaik. Layanan mereka dijamin 100% juga, dengan perangkat lunak penetrasi mereka tidak terjangkau. Mereka menawarkan layanan berikut;
- hacking kartu ilegal
-Removal dari nilai kredit lama
- Keanekaragaman perubahan catatan
-Bank account hack
-Prosedur kejahatan
-Facebook hack
-Tweitter hack
- akun surat pribadi
-Grade Changes hack
- Kebijakan diblokir di situs
-server menabrak hack
-Skype hack
-Date hack
-Word Press Blogs hack
- Komputer Perorangan
-Kontrol perangkat jarak jauh
-Burner Numbers hack
- Akun Paypal yang diverifikasi bajak laut
- Setiap akun jaringan sosial yang Anda buat
-Auto dan iPhone Hack
Pesan teks mencegat teks
- Perangkap di surat
- kartu kredit untuk transaksi online gratis
Kartu Kredit dan Kartu Kredit Blank Atm
-Intraceable Ip dll
Hubungi SOLUTIONHACKERS95@GMAIL.COM
Perhatikan mereka adalah solusi untuk semua masalah hacking Anda
CARLOS SOPHIA said…
HI SEMUA ORANG ANDA MENCARI HACKER GENUINE DAN PROFESIONAL KEMUDIAN, HUBUNGI SOLUTIONHACKERS95@GMAIL.COM
Mereka adalah grup hacking profesional yang berbasis di U S A, TURKEY, INDIAN AND EROPA, Mereka adalah peretas terbaik dan pengembang perangkat lunak untuk menembus semua situs web, semua hacker lainnya menghubungi mereka untuk Perangkat Lunak Algoritma terbaik. Layanan mereka dijamin 100% juga, dengan perangkat lunak penetrasi mereka tidak terjangkau. Mereka menawarkan layanan berikut;
- hacking kartu ilegal
-Removal dari nilai kredit lama
- Keanekaragaman perubahan catatan
-Bank account hack
-Prosedur kejahatan
-Facebook hack
-Tweitter hack
- akun surat pribadi
-Grade Changes hack
- Kebijakan diblokir di situs
-server menabrak hack
-Skype hack
-Date hack
-Word Press Blogs hack
- Komputer Perorangan
-Kontrol perangkat jarak jauh
-Burner Numbers hack
- Akun Paypal yang diverifikasi bajak laut
- Setiap akun jaringan sosial yang Anda buat
-Auto dan iPhone Hack
Pesan teks mencegat teks
- Perangkap di surat
- kartu kredit untuk transaksi online gratis
Kartu Kredit dan Kartu Kredit Blank Atm
-Intraceable Ip dll
Hubungi SOLUTIONHACKERS95@GMAIL.COM
Perhatikan mereka adalah solusi untuk semua masalah hacking Anda
Unknown said…
Kebutuhan bantuan? seperti bantuan keuangan. Jadi jika Anda mengalami kesulitan keuangan atau mengalami kekacauan finansial, dan Anda memerlukan dana untuk Memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda harus melunasi tagihan Anda, atau Anda merasa kesulitan. silahkan hubungi kami hari ini melalui e-mail Jessicarojasloanfirm1998@hotmail.com untuk Alkitab mengatakan (Lukas 11:10) Untuk setiap orang yang meminta untuk menerima; orang yang mencari tahu; Dan kepada orang yang mengetuk, pintu akan dibuka. Jadi jangan lewatkan kesempatan ini karena Yesus adalah sama kemarin, hari ini, dan selamanya. Tolong ini untuk orang-orang yang berpikiran serius dan takut akan Tuhan. whatsapp No Telepon: +2349079785567

Namamu:
SEKS:
USIA:
negara:
Jumlah pinjaman:
Durasi pinjaman:
Tujuan Pinjaman:
Pendapatan bulanan:
Pendudukan:
Nomor telepon:
Sudahkah Anda mengajukan pinjaman:

Terimalah salam tulus kami dari organisasi Kristen
Lender Nyonya Jessica Rojas

Terima kasih
Unknown said…
Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.
mrs flora judge said…
KESEMPATAN UNTUK ANDA, PERMINTAAN UNTUK MENDAPATKAN PINJAMAN ANDA
Kami adalah perusahaan pinjaman koperasi, kami menawarkan pinjaman jangka pendek, menengah dan panjang untuk proyek modal di industri, bisnis, pertanian dan proyek penting lainnya yang diperlukan untuk pembangunan ekonomi dan individu dan pada tingkat bunga yang sangat rendah. Jika Anda tertarik, terapkan sekarang melalui
EMAIL: mrsflorajudgeloanfirm@gmail.com
KONTAK WHATSAPP: +18638446061
MOTTO:
Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.
==========
Terima kasih
Ibu Marian Parker
Alfred Nehemia said…
Kabar baik!! pencari pinjaman !!!

Nama saya Alfred Daniel Nehemia dari bali Indonesia, roti CEO Daniel Bakery, Pertama-tama saya akan mengatakan bahwa Tuhan harus memberkati Lady jane karena mengenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang jujur ​​dan halal sehingga saya benar-benar percaya bahwa Anda memberi tahu rekan kerja bahwa saya mempunyai Ide bagus untuk memulai bisnis sendiri karena mendapat pekerjaan tidak mudah jadi saya pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman (Rp800 juta) tapi mereka semua meminta uang muka sebesar jumlah pinjaman saya tapi satu-satunya properti yang saya miliki adalah motor. Sepeda, yang membuat saya merasa kecewa
Jadi saya mencari perusahaan pinjaman online tapi kebanyakan menipu dan menipu, saya hampir kehilangan harapan dan kepercayaan diri sampai saya membaca artikel tentang lady jane tapi saya tidak sempat menutup tapi membaca artikelnya jadi saya mencoba pencarian online lain yang disebut craigslist. org dimana saya melihat iklan perusahaan Dangote Loan jadi saya memutuskan untuk melamar dan menghubungi lady jane juga

Dangote Loan Company memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga 2% dan tidak kurang dari Rp20 juta

Saya mengikuti prosedur di sana, memberikan semua yang diminta, saya juga sangat takut, tapi untuk kemuliaan tuhan, doaku dijawab dan uang pinjaman saya ditransfer ke saya tanpa masalah.

jadi jangan buang waktu anda kontak Dangote perusahaan pinjaman Via dangotegrouploandepartment@gmail.com

Anda juga bisa mencari di google untuk informasi lebih lanjut, ini nyata dan sangat nyata atau hubungi saya juga melalui email di alfreddaniel324@gmail.com dan juga di BBM: 7AEA8FA5
charity white said…
Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.
Unknown said…
Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya baik ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saya saat ini tinggal di sini di Indonesia. Saya seorang janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada Maret 2017 dan saya harus membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan kredit 3-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman bahwa ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
Untuk orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tetapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapatkan pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan baik ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya menyarankan jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau ingin prosedur untuk mendapatkan pinjaman.
Mirabel Daniels said…
KABAR BAIK BERITA BAIK

Saya Nyonya Mirabel Daniels adalah kreditur pinjaman yang dapat diandalkan dan sah.
Kami menawarkan kondisi nyata dan mudah dengan tingkat bunga 2%. dari
$ 1.000 - $ 100.000. Euro dan Pounds. Saya memberikan pinjaman kepada pengusaha juga untuk:

Kredit pribadi,
Pinjaman mahasiswa,
Kredit transportasi
Pinjaman bisnis.
pinjaman perusahaan

hubungi saya langsung untuk informasi lebih lanjut.
Email: mirabeldanielloanfirm@gmail.com
Whatsapp: +13323330797
Ai said…
SAYA SETUJU DENGAN PENULIS...MEMANG KITA HIDUP DIBERI KEKURANGAN DAN KELEBIHAN...SAYA MEMANG TIDAK SUKA DG ORG ORG ZALIM SEPERTI ITU...SAYA TIDUK SUKA KETIDAK ADILAN PEMERINTAH..PEMBANGUNAN LRT MRT JAKARTA NGUTANG SAMA JEPANG...TAPI KAMI PENYUMBANG BATU BARA KE JAKARTA GAK DIBUATKAN APA PUN..LALU KAMI MALAH MENDAPAT PENGURANGAN ANGGARAN DARI PEMERINTAH,,MALAH KAMI YANG MENANGUNG TAIK BENGEKNYA JAKARTA,,,KENAPA MASIH BANYAK ORG ZALIM SEPERTI INI..SAYA HERAN...UDAH MASALAH PTN SAYA TAU BAHKAN TEMAN SAYA SENDIRI JG ORG ORG ZALIM..TAPI BUKAN SAHABAT SAYA
WAHYUNI ELVIN said…
Halo
  semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak penipu di situs ini, saya punya kabar baik untuk dibagikan. tolong bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan peminjaman. Saya baru saja mendapat pinjaman dari ELINA JOHNSON yang sah, yang bertanggung jawab atas ALL GRANT.
Mereka memberikan semua jenis pinjaman mulai dari Jumlah minimal 5.000 hingga 500.000.000,00 pada mata uang berikut: Dolar Amerika Serikat, Eropa dan Pound Inggris Besar (GBP)., Setelah Anda menghubungi mereka, mereka akan memproses pinjaman Anda untuk Anda, semua yang harus Anda lakukan hubungi ibu Elina di elinajohnson22@gmail.com, Anda juga dapat menghubungi di WHATSAPP nya (+2348147739239).
Jika Anda ingin penjelasan lebih lanjut Anda dapat menghubungi saya di email saya .... wahyunielvin@gmail.com.
Harap diperhatikan bahwa hanya perusahaan induk yang dapat Anda dapatkan pinjaman, jadi waspadalah terhadap pemberi pinjaman lainnya.
Terima kasih, semoga Allah menjaga dan melindungi Anda semua .... Amin
charity white said…
Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.
Nur Khomariyah said…
Kabar baik
Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kota
Nama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emily
jadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +1 (669) 4002627 dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com
dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.com
semoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.
Mohammad Ismali said…
kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com
Nur Khomariyah said…
Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +447860370916  dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.
Amisha said…
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang swasta, apakah Anda berhutang? Anda membutuhkan dorongan finansial? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga dengan tingkat bunga yang sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com) Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.
Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

 Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)
Rizky Indah said…
LEMBAGA KEUANGAN INI BERADA PADA KEBAKARAN

TINGKATKAN FILE FINANSIAL ANDA

Saya Rizky Indah dan penduduk asli Indonesia dan saya di sini untuk memberi tahu Anda tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari pemberi pinjaman terpercaya ONE BILLION RISING FUND


         KONTAK PERUSAHAAN
NAMA PERUSAHAAN: ONE BILLION RISING FUND
GMAIL PERUSAHAAN: onebillionrisingfund@gmail.com
NOMOR TEL: +1 267 526 5352
NOMOR WHATSAPP: +1 267 526 5352


Dalam pandemi ini hidup menjadi lebih sulit bagi saya dan keluarga saya dan pekerjaan saya hancur oleh pandemi Covid 19 ini dan Hidup nyaman adalah dambaan semua orang dan saya menginginkan yang terbaik untuk keluarga saya jadi saya memutuskan untuk meminjamkan uang dari bank dan bank mengubah saya turun berkali-kali sampai teman saya yang mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND memperkenalkan pemberi pinjaman kepada saya dan meyakinkan saya bahwa mereka dapat membantu saya secara finansial, saya sangat percaya kepada mereka karena teman saya baru saja mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND jadi saya mendaftar dan mereka membawa saya melalui proses mereka yang memakan waktu beberapa hari dan yang paling mengejutkan saya, akun saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman
Pengalaman yang saya dapatkan dari ONE BILLION RISING FUND ini telah mengubah hidup saya menjadi lebih baik dan sekarang saya memiliki perusahaan keramik
Jika Anda tahu Anda membutuhkan pinjaman, saya akan menyarankan Anda menghubungi perusahaan keuangan dan saya sangat yakin bahwa mereka dapat membantu Anda dengan pinjaman


Harap perhatikan pemberi pinjaman yang Anda hubungi secara online karena sebagian besar pemberi pinjaman keuangan online palsu dan mereka akan membuat hidup Anda lebih sulit dan mereka tidak berniat baik untuk membantu Anda karena mereka adalah penipu yang ingin mencari nafkah dari Anda.

                              KONTAK SAYA
Nama Saya ::: Rizky Indah 
Email :: indahrizky490@gmail.com
Jumlah Pinjaman ::: $ 30.000.00
WA saya ::: + 62858 8161 8874

BIJAKLAH
Solution said…
Halo pemirsa di seluruh dunia, Ada kabar baik untuk Anda semua hari ini dapatkan kartu ATM Kosong Anda yang berfungsi di semua mesin ATM di seluruh dunia. Kami memiliki program khusus kartu ATM yang dapat digunakan untuk meretas mesin ATM, kartu ATM dapat digunakan untuk menarik di ATM atau geser, di toko dan POS. Kami memberikan kartu ini kepada semua klien yang tertarik di seluruh dunia, Kami memberikan Kartu ATM Kosong. Apakah Anda ingin menjalani kehidupan yang baik yang dianggap ilegal, cara termudah untuk menjadi jutawan. itu juga memiliki teknik yang membuat CCTV tidak mungkin mendeteksi Anda dan Anda hanya dapat menarik sejumlah $ 5.000 Dolar dalam sehari di Mesin ATM juga tersedia saat pengiriman tunai. Kami memberikan hingga $ 10.000,00 hingga $ 1.000.000,00 Dolar Dengan layanan peretasan jaringan kami. Kami dapat Memulihkan semua uang Anda yang hilang ke Bitcoin dan mata uang Crypto lainnya, penipuan hipotek / realestate, dan ICO palsu dalam waktu 48 jam atau kurang. (Thomas Freddie Hackers) bekerja sama sebagai tim untuk melacak & memulihkan dana kembali dari PENCIPTA internet yang paling sulit. CATATAN!! Kami telah menerima laporan memilukan yang tak terhitung jumlahnya dari penipu terkenal dan kami berhasil memulihkannya kembali melalui kontak thomasunlimitedhackers@gmail.com

Hubungi kami di ((Pemulihan Biner. Kelas Universitas. Menghapus Catatan Kriminal, Peretasan FB & IG, Telegram, Muatan & Peretasan Telepon)) membatasi kami dengan pekerjaan Anda & izinkan kami memberi Anda hasil positif dengan keterampilan peretasan kami. Kami bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda, Jika Anda membutuhkan layanan peretasan cyber lainnya, kami siap membantu Anda kapan saja, kapan saja, jadi hubungi kami melalui Alamat Email kami: thomasunlimitedhackers@gmail.com

Salam
THOMAS FREDDIE PERETAS TANPA BATAS
Kirim email ke thomasunlimitedhackers@gmail.com
Motto: Kami menawarkan layanan tercepat dan terpercaya
tee said…
Hola ¿Eres empresario, político, músico, estudiante y quieres
ser rico, poderoso y famoso en la vida
necesita poder
para hacer realidad sus sueños. Puedes darte cuenta de su
sueños por un
miembro de Illuminate. con eso todo tu
sueños y
los deseos del corazón que pueden realizarse plenamente si
Realmente quiero
ser miembro de los grandes nombres de la
Ilumina entonces tu
puede contactar (thoejohn12345@gmail.com)

WhatsApp +79267719496 número gracias.
Teddy said…
Kabar baik!!!

Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Email saya: teddydouble334@yahoo.com
Anonymous said…
Halo

Nama saya INDAH BERKAH dari kota Bontang, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang di grup ini yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena ada scammer di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kerugian finansial dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Singapura dan saya ditipu oleh orang-orang di singapura. Saya hampir putus asa sampai seorang teman saya menghubungi saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal dan tulus bernama Mrs MARIA ALEXANDER, pemberi pinjaman pribadi yang meminjamkan saya pinjaman sebesar 3 MILIAR tanpa tekanan pada tingkat bunga 2% yang merupakan bunga yang terjangkau tingkat bagi saya.

Setelah transfer pinjaman saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan telah dikirim langsung ke rekening saya oleh Ibu MARIA ALEXANDER tanpa penundaan. Karena saya berjanji kepada ibu bahwa saya akan membagikan kabar baik agar orang-orang dapat dengan mudah mendapatkan pinjaman tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Mrs.MARIA ALEXANDER. Perusahaan Pinjaman Ibu sangat sah, mudah mendapatkan pinjaman, dapat diandalkan, terkenal dengan situs web perusahaan.

HUBUNGI: IBU MARIA ALEXANDER
Email ( mariaalexander818@gmail.com )
ATAU whatsapp: +1 (254) 276-8402.


Saya meluangkan waktu untuk menginformasikan semua bahwa Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: indahberkah011@gmail.com
dan Ibu AMISHA CHAHAYA yang memperkenalkan saya dan bercerita tentang Ibu MARIA ALEXANDER, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu MARIA ALEXANDER, Tahun baru ini 2022, Anda Juga dapat menghubunginya melalui email:( amishachahaya8@gmail.com ) Sekarang , yang akan saya lakukan hanyalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirimkan langsung ke rekening bulanan.

HUBUNGI: IBU MARIA ALEXANDER
Email ( mariaalexander818@gmail.com )
ATAU whatsapp: +1 (254) 276-8402.

Saya ingin berterima kasih kepada ALLAH SWT karena telah menggunakan Ms. MARIA ALEXANDER untuk mengubah kisah keuangan saya dan sekarang saya adalah pemilik yang bangga dengan bisnis saya, semoga Allah terus memberkati Ms.MARIA ALEXANDER dan terus menggunakannya untuk membantu kita semua dalam keuangan
kesulitan.

SEMOGA ALLAH MEMBERKATI KALIAN SEMUA.
RASHID HUSAEN said…
Selamat Siang Semuanya!!!

Nama saya Mr Rashid Husaen dan saya dari Jawa Barat, indonesia dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia hari ini dan saya berkata pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberitahu namanya kepada dunia dan saya sangat senang untuk mengatakan bahwa keluarga saya kembali selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah seorang ayah tunggal dengan 5 anak dan dunia sepertinya mengandalkan saya ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan bank online menolak pinjaman saya, mereka mengatakan bahwa pendapatan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan segalanya menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya


Sampai saya melihat postingan ibu nyonya maria dari sebuah blog dan saya memohon padanya, dia memberi saya semua syarat dan ketentuan dan saya setuju dan dia mengejutkan saya dengan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, dan pada awalnya saya berpikir ini tidak mungkin karena pengalaman masa lalu saya dan janji-janji palsu tetapi yang mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp300.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Maria Alexander wanita kata-katanya, melalui email : ( mariaalexander818@gmail.com ) karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. siapa saja yang ingin pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, harus menghubunginya Via

email: ( mariaalexander818@gmail.com )
whatsapp: (+1 254-276-8402 )

Anda dapat menghubungi saya Pak Rashid untuk informasi lebih lanjut (rashidhusaen18@gmail.com)

Allah Maha Besar
Terima kasih semuanya
Teddy said…
Kabar baik!!!

Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Email saya: teddyteddy2234@gmail.com
SETIA AHMAD said…
SELAMAT HARI Adik-adikku dari INDONESIA

Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Tuhan dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan keuangan karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya berada dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan menguasai saya. jantung.

Suami saya juga gagal karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Bandung) di mana kami bingung suami saya mencoba mendapatkan pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online untuk mencari pinjaman karena dia ditipu oleh beberapa penipu online yang menjanjikan dia pinjaman dan mengatakan dia harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman jadi suami saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya kemudian mereka meminta biaya lain dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Batam) untuk memastikan dia mendapat pinjaman setidaknya untuk membayar kebutuhan keluarga dan setelah dia membayar, dia diminta untuk membayar lagi karena suatu alasan, ini membuat kelaparan keluarga meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis tutup untuk sementara waktu
Jadi suatu sore yang setia sekitar pukul 13:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman online jadi jika dia mendapat pinjaman, dia akan memperkenalkan saya kepada perusahaan itu jadi kami pergi ke ATM bersama dan memeriksa pinjaman tidak ada di sana jadi kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima uang di rekeningnya jadi kami memeriksa saldo rekeningnya dan melihat 3 MILIAR kepadanya sebagai pinjaman.

INFORMASI KONTAK PERUSAHAAN
Alamat Email Perusahaan ::: mariaalexander818@gmail.com
Nama Perusahaan :: MARIA ALEXANDER LOAN COMPANY
Perusahaan WHATSAPP: (+1 254-276-8402 )

Langsung saya teriak di depan umum sambil menangis dan saat itu yang saya pikirkan hanyalah jika saya dengan jumlah itu masalah saya berakhir, jadi kami pulang saya tidak memberi tahu suami saya, dari 3 Miliar teman saya memberi saya 1 JUTA dan saya beli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan saya dan tetangga saya meminta pinjaman ke perusahaan karena teman saya memberi saya panduan jadi kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama jadi setelah semua proses, saya dan rekan saya di mana diberikan pinjaman.

INFORMASI KONTAK PERUSAHAAN
Alamat Email Perusahaan ::: mariaalexander818@gmail.com
Nama Perusahaan :: MARIA ALEXANDER LOAN COMPANY
Perusahaan WHATSAPP: (+1 254-276-8402 )

Anda juga dapat menghubungi perusahaan sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
Saya membagikan cerita ini karena saya tahu begitu banyak orang di luar sana yang membutuhkan bantuan keuangan.

Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut ( setiaahmad104@gmail.com )
RIKA NADIA said…
Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua
Pak. WIDODO said…
Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.
Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur
Anonymous said…
Saya sangat senang untuk membagikan kesaksian saya yang luar biasa ini.
Hidup saya telah berubah total dalam 72 jam. Aku bisa melihat diriku di cermin dan tersenyum. Saya memiliki kepercayaan diri dan kemampuan saya untuk pertama kalinya setelah sekian lama. Saya memiliki suami saya kembali dalam hidup saya dengan bantuan Dr Ibinoba. Dia meminta maaf setelah 48 jam, setelah mantra itu dibuat. Dia mengatakan dia menyadari bahwa dia tidak pernah benar-benar ingin putus; dia tidak bisa menangani beban emosional yang saya bawa sepanjang waktu. Dia mengatakan bahwa dia pikir dia adalah pengaruh negatif dalam hidup saya dan berpikir lebih baik untuk pergi. Dia juga mengatakan sulit bahwa saya terus berbicara tentang masa lalu sepanjang waktu. Kami berdua sudah saling memaafkan. (Cek kompensasi saya datang begitu cepat dan saya diberitahu itu beberapa bulan lagi). Saya adalah bukti hidup dari apa yang dapat dilakukan Dr Ibinoba. Saya sangat berterima kasih kepada Dr Ibinoba atas hal luar biasa yang Anda lakukan dalam pernikahan saya. Saya sangat senang sekarang. Dengan bantuan Anda, kami berdua dapat melihat dan mengatakan kebenaran satu sama lain. Saya tidak pernah berpikir mantra bisa membantu pasangan sebelumnya, saya sangat senang untuk menghubungi Anda dan memulai semua ini terjadi. Siapa pun yang memiliki masalah dapat menghubungi nomor Whatsapp Dr Ibinoba: +2348085240869,Email: dromionoba12@gmail.com

Popular posts from this blog

Surabaya "hot potatoes"

Dua hari ini, Surabaya panas membara. Panas dalam arti sebenarnya. Membara dalam arti kiasan saking panasnya. Lek jare arek Suroboyo: "Hot potatoes" alias panas ngentang-ngentang. Atau : "The hot is not public" alias panas ra umum, ora njamak panase. Intinya panas di Surabaya dalam setahun belakangan ini benar-benar tak seperti biasane. Hampir 15 tahun tinggal di Surabaya - meski dalam periode tertentu meninggalkan kota ini - tau betul lah kalo Surabaya itu kota panas. Panas karena sinar matahari yang benar-benar menyengat. Bukan karena air laut - seperti Semarang, atau Jakarta - panas ditambah polusi yang parah. Mungkin tak sepanas Pontianak yang berada di garis khatulistiwa, tapi coba deh tinggal disini selama seminggu. Yang jelas, penjelasan Wikipedia bersuhu udara rata-rata 23,6 °C hingga 33,8 °C gak pas jeh. Dalam sebulan ini mencoba mengamati suhu di Surabaya terutama di siang hari. Nyaris gak pernah di bawah 33 derajat celcius. Bahkan hari ini,

ArtJog 2011

Guys....akhir pekan kemarin abis berkunjung ke Taman Budaya Yogyakarta yang lagi ada acara heboh yaitu ArtJog 2011. Awalnya sih aku rada-rada males karena menduga akan mendapatkan sajian yang gak jauh beda ama pameran-pameran sebelumnya. Tapi ternyata saya SALAH. Seni instalasi di Art Jog 2011 ini lumayan menarik. Sayang, aku gak beli katalog-nya coz lagi bokek. kekwkekwk...so i share foto-fotonya aja yah, ntar aku lengkapi caption fotonya. Cekidot gan. ini namanya :Luz Series: kayaknya seni instalasi lagi heboh gaya gini ya? kapan hari, aku liat tulisannya USA atau kalau dibalik jadi ASU (Bhs Jawa; Anjing). Kesalahan aku cuma satu: aku gak baca/tidak tahu siapa senimannya. sowli.... yang ini aku foto coz ini adalah kertas yang diukir. menurutku hebat, karena aku gak bisa. hehehe aku upload ini coz sebenarnya aku jijik, kirain tai beneran. hahaha...norak kan? beklah...saya ikutan numpang disini yah :))