Skip to main content

Anak Penjual Bakso yang Lulus Cumlaude

Sri Harmini
Anak Penjual Bakso yang Lulus Cumlaude

Sempat bingung dengan kelanjutan pendidikannya karena kesehatan ayah drop, Sri Hatmini malah lulus dengan cumlaude. Putri sulung pedagang bakso keliling itu bahkan sempat mengecap Swedia untuk riset mengenai energi biokonversi dari limbah kelapa sawit.

NANI MASHITA, Jogja

SEPASANG muda-mudi tengah melihat daftar minuman ketika menemui mereka. Keduanya terlihat mesra dengan lirikan yang sesekali dilempar satu sama lain. ”Kami baru saja menikah. Jadi paket lengkap ijabsah dan ijazah,” kata Mini, panggilan akrabnya, dengan wajah malu-malu.
Sang suami, Yahya Farqadain, hanya tertawa ketika ditanya mengenai pernikahan yang ternyata baru berlangsung 19 November. Pria alumnus Jurusan Elektro Fakultas Teknik UGM itu membenarkan kalau keduanya baru saja melangsungkan pernikahan.
”Tadinya ingin menikah setelah Mini diwisuda. Ternyata, wisudanya molor dan keduluan tanggal nikah,” katanya tertawa kecil.
Pernikahan ini memang melengkapi prestasi akademik Mini selama empat tahun terakhir di jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian UGM. Kedua orangtuanya yang pedagang bakso, Supar (50) dan Sriyati (48), sudah menyiapkan tabungan bagi Mini agar bisa meneruskan sekolah ke jenjang perguruan tinggi.
Sayangnya, tiga bulan menjelang ujian masuk, ayah Mini divonis menderita hernia dan terpaksa operasi dengan biaya cukup besar. Melihat kondisi ayahnya, alumnus SMAN 3 Jogja itu pasrah bila tidak bisa kuliah lagi.
”Seluruh keluarga, termasuk saya, meminta agar ayah dioperasi agar segera sembuh. Alhamdulillah sudah sembuh,” kenangnya.

Setelah operasi sang ayah, masalah kuliah sendiri menjadi hal yang dipikirkan perempuan kelahiran Klaten, 15 September 1988 ini. Beruntung, saat itu pihak sekolah mengetahui kondisinya. Salah seorang guru menyarankan agar dia mengikuti Penjaringan Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) di UGM.
Awalnya tidak percaya diri, karena selama sekolah tidak pernah masuk ranking. Meski begitu, guru BP bernama Untung tetap menyemangati untuk mendaftar. Saat pengumuman via internet, tidak disangka, namanya masuk sebagai salah satu penerima PBUTM.
”Waktu bayar sewa warnet, tangan saya ndredeg dan penjaga warnet juga sempat bingung waktu saya cerita diterima,” ujarnya.
Karena mendapatkan PBUTM, Mini bisa ikut pendidikan di UGM selama delapan semester secara cuma-cuma. Dia juga tidak diharuskan membayar sumbangan peningkatan mutu akademik (SPMA), sumbangan pembinaan pendidikan (SPP), maupun biaya operasional pendidikan (BOP). Namun, target Mini untuk lulus selama empat tahun molor dua bulan.
Penyebabnya, perempuan berkerudung itu berambisi membuat skripsi dengan melakukan riset di Swedia setelah bertemu dosen yang memiliki kerja sama penelitian di negeri tersebut.
Dia mengatakan, dosen bernama Ria Millati itu membuka open recruitment bagi mahasiswa yang ingin melakukan penelitian. Karena tertarik, Mini pun mendaftar dan ternyata lolos seleksi.
”Saya di Swedia selama enam bulan, Januari hingga Juni 2011,” jelasnya.
Disana, dia menjadi salah satu bagian sebuah proyek besar tentang biokonversi dari limbah industri kelapa sawit berupa tandan kosong kelapa sawit yang diubah menjadi bio-ethanol. Mini mendapat bagian melakukan penelitian terkait pre-treatment atas limbah tersebut. Selama di Swedia, dia dan dua temannya meneliti di Chalmers University of Technology di Gothenburg, Swedia.
Salah satu pengalaman yang berkesan bagi perempuan yang tinggal di Minomartani itu adalah melihat salju secara langsung. Dia juga mendapatkan cerita bahwa di Swedia, tingkat siswa yang meneruskan ke perguruan tinggi sangat rendah, karena taraf ekonomi masyarakat setempat sangat tinggi. ”Mereka lulus SMA sudah dapat pekerjaan dengan gaji mencukupi,” terangnya.
Keputusan melakukan riset ke Swedia berimbas pada molornya rencana studi yang seharusnya tuntas empat tahun. Alasannya, kesempatan tidak datang dua kali. Orang tua bahkan sempat keberatan karena dianggap terlalu jauh. Tapi karena dia selalu bercerita ingin melakukan riset ke Swedia, akhirnya orang tua memberi restu.
”Saya ingin melihat dunia. Saya tidak tahu apakah punya kesempatan lagi melakukan riset ke luar negeri kalau melewatkan kesempatan itu. Jadi gambling saja,” ujar sulung dua bersaudara itu.
Ternyata harapannya menjadi kenyataan. Ia pun terbang ke Swedia. Orang tua tidak keberatan membiayai pendidikannya yang molor satu semester, meski Mini juga menyertakan dana tambahan PBUTM-nya untuk ”menambal” kuliah.
Pengorbanannya juga tidak sia-sia. Hari ini, Mini diwisuda dengan predikat cumlaude karena mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,7. Prestasi ini membawa dia makan siang bareng Rektor UGM Prof Sudjarwadi dan penerima PBUTM lain, kemarin.
Mini tetap bercita-cita meneruskan kuliah S2 di luar negeri. ”Sekarang lagi cari beasiswa. Kalau tidak dapat, ya minta beasiswa suami,” katanya tertawa riang. (*/tya)

Comments

Popular posts from this blog

Surabaya "hot potatoes"

Dua hari ini, Surabaya panas membara. Panas dalam arti sebenarnya. Membara dalam arti kiasan saking panasnya. Lek jare arek Suroboyo: "Hot potatoes" alias panas ngentang-ngentang. Atau : "The hot is not public" alias panas ra umum, ora njamak panase. Intinya panas di Surabaya dalam setahun belakangan ini benar-benar tak seperti biasane. Hampir 15 tahun tinggal di Surabaya - meski dalam periode tertentu meninggalkan kota ini - tau betul lah kalo Surabaya itu kota panas. Panas karena sinar matahari yang benar-benar menyengat. Bukan karena air laut - seperti Semarang, atau Jakarta - panas ditambah polusi yang parah. Mungkin tak sepanas Pontianak yang berada di garis khatulistiwa, tapi coba deh tinggal disini selama seminggu. Yang jelas, penjelasan Wikipedia bersuhu udara rata-rata 23,6 °C hingga 33,8 °C gak pas jeh. Dalam sebulan ini mencoba mengamati suhu di Surabaya terutama di siang hari. Nyaris gak pernah di bawah 33 derajat celcius. Bahkan hari ini,

(Sebaiknya) Mahasiswa FK Harus Orang Kaya

Selasa (29/11) pagi, saya mengunjungi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Setelah berbincang dengan kolega baru, saya bersama beberapa kawan memutuskan untuk sarapan di kantin kampus. Jujur, saya sangat menikmati makanan sehat yang disajikan kantin itu terutama ketiadaan penggunaan MSG. Saya pun merasa nyaman dengan kampusnya yang bersih, dengan para calon dokter berpakaian rapi dan cantik bersliweran sembari membawa buku tebal. Melihat beberapa di antaranya mengenakan jas dokter begitu gagah dan menawan. Apalagi, cuaca pagi tadi sangat cerah. Tetapi, kenyamanan saya tiba-tiba terusik dengan tindakan salah seorang mahasiswa disana. Jamaknya sebuah kantin yang meja-kursi selalu penuh dan harus berbagi dengan orang lain yang tidak satu kelompok, mahasiswi itu terlihat sangat memusuhi dan judes. Awalnya cuek. Tapi ketika dia sudah pindah meja, dengan seenaknya mengambil wadah sambal tanpa permisi. Sontak, saya pun kecewa. Hilang rasa simpati saya terhadap mahasiswa kedokteran

ArtJog 2011

Guys....akhir pekan kemarin abis berkunjung ke Taman Budaya Yogyakarta yang lagi ada acara heboh yaitu ArtJog 2011. Awalnya sih aku rada-rada males karena menduga akan mendapatkan sajian yang gak jauh beda ama pameran-pameran sebelumnya. Tapi ternyata saya SALAH. Seni instalasi di Art Jog 2011 ini lumayan menarik. Sayang, aku gak beli katalog-nya coz lagi bokek. kekwkekwk...so i share foto-fotonya aja yah, ntar aku lengkapi caption fotonya. Cekidot gan. ini namanya :Luz Series: kayaknya seni instalasi lagi heboh gaya gini ya? kapan hari, aku liat tulisannya USA atau kalau dibalik jadi ASU (Bhs Jawa; Anjing). Kesalahan aku cuma satu: aku gak baca/tidak tahu siapa senimannya. sowli.... yang ini aku foto coz ini adalah kertas yang diukir. menurutku hebat, karena aku gak bisa. hehehe aku upload ini coz sebenarnya aku jijik, kirain tai beneran. hahaha...norak kan? beklah...saya ikutan numpang disini yah :))